Berkas Kasus Kopi Maut Wayan Mirna Bisa Gugur?

Jessica telah mengajukan praperadilan.

Berkas Kasus Kopi Maut Wayan Mirna Bisa Gugur?

VIVA.co.id – Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta, Waluyo mengatakan, putusan praperadilan Jessica Kumala Wongso, tersangka kasus kematian Wayan Mirna Salihin, akan memengaruhi berkas perkara tahap satu yang telah diserahkan oleh penyidik Polda Metro Jaya ke Jaksa Penuntut Umum.

Bahkan, kasus kopi maut beracun sianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin bisa gugur, jika Jessica menang dalam praperadilan itu. Namun, proses penyidikan kasus kematian Mirna akan tetap berjalan jika Jessica kalah dalam praperadilan.

"Dalam hal penyidikan tidak akan berpengaruh. Kecuali putusan praperadilan membatalkan, apakah penentuan tersangka tidak sah itu ada pengaruhnya," ujar Waluyo, Senin 22 Februari 2016.
Namun, kata Waluyo, jika penuntutan dalam hal penahanan, hal tersebut tidak akan memengaruhi berkas perkara tahap satu tersebut.

"Kalau putusan sah atau tidak sahnya penahanan itu tidak berpengaruh. Kita lihat putusannya, apakah menuntut penahanan, atau penetapan tersangkanya, saya juga belum tahu," ujar Waluyo.
Lebih lanjut, Waluyo menuturkan, Kejati DKI Jakarta paling lambat akan mengembalikan berkas tahap satu ke penyidik Polda Metro Jaya dalam waktu 14 hari. Namun, ia belum memastikan berkas tersebut dinyatakan lengkap atau tidak.

"Mungkin dalam tujuh hari sudah menentukan, apakah telah memenuhi unsur atau belum, lengkap atau belum. Paling lama 14 hari Jaksa harus mengembalikan itu ke penyidik," ujarnya.
Sekedar informasi, sidang praperadilan Jessica akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat,

Selasa 23 Februari 2015. Kuasa hukum Jessica, Yudi Wibowo Sukinto mengatakan, pihaknya menuntut status penetapan tersangka dan penahanan yang dilakukan oleh penyidik Polda Metro Jaya.
Di sisi lain, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Krishna Murti mengklaim pihaknya telah siap menghadapi sidang praperadilan tersebut. Nantinya, Direktorat Hukum Polda Metro Jaya akan menjadi pengacara penyidik Polda Metro Jaya.
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment