Indonesia dan Malaysia Geram Terhadap Kapal China yang Mengganggu Wilayah ZEE


A China Coast Guard vessel.Pic: AP
AP

INDOAU.COM – Kehadiran kapal China yang semakin sering di perairan yang tengah disengketakan yaitu Laut China Selatan berhasil mebuat Indonesia dan Malaysia kesal.

Pada hari Senin, Indonesia mendesak China untuk tidak mengganggu wilayah perairan Indonesia dengan penangkapan ikan secara ilegal.

Menurut Jakarta Post, Menteri Luar Negeri Indonesia retno Marsuadi mengatakan pemerintah telah mengirimkan nota diplomatik ke China untuk memprotes tindakan kapal penjaga pantai China.

Dia mengatakan kapal tersebut menantang kontrol Indonesia di Zona Ekonomi Eksklusif dan daerah landas kontinen.

Di Kuala Lumpur, Shahidan Kassim, Menteri Malaysia di Departemen Pedana Menteri, mengatakan sekitar 100 kapal nelayan China bersama dengan dua kapal Chinese Coast Guard terlihat masuk tanpa izin ke perairan Malaysia kemarin di dekat Beting Patinggi Ali.

Insiden ini mendorong Malaysian Maritime Enforcement Agency meningkatkan pemantauan didaerah tersebut dengan mengirimkan lebih banyak kapal dan juga Angkatan Laut Malaysia.

Ia juga mengatakan bahwa Malaysia akan mengambil tindakan hukum terhadap orang-orang yang memasuki kawasan ZEE, menurut laporan setempat. 

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment