Keith Stoddart, Pekerja Tambang Queensland yang Menderita Penyakit Pneumoconiosis




INDOAU.COM – Paru-paru  hitam atau pneumoconiosis adalah kedaan yang disebabkan oleh inhalasi jangka panjang dari debu batubara, dan pada kasus yang berat hal ini dapat berakibat fatal.

Hal ini dianggap telah diberantas pada dekade lalu,namun baru-baru ini lebih dari enam belas kasus telah diidentifikasi dari Queensland. 

“Kami memproyeksikan bahwa kita akan mendapati 16% pekeja tambang batubara saat ini pensiun dengan pneumoconiosis,” kata Jason Hill, perwakilan kesehatan industri dan keselamatan CFMEU ini dilansir dari abc.net.au.

Serikat yang bersangkutan merasa khawatir terhadap mantan penambang yang terkena penyakit ini setelah pensiun dan tanpa terdiagnosis.

Paru-paru hitam dapat terus berkembang setelah terkena debu batubara dan gejala yang parah bisa muncul dalam 15 tahun kemudian.

Sejak tahun 1993, oleh hukum semua penambang batubara Queensland ini harus menjalani X-ray di dada nya pra-kerja, dan juga setidaknya sekali setiap 5 tahun berikutnya pun X-ray mereka harus dikirim ke Departemen pertambangan untuk dijadikan bahan ulasan.

Namun pada tahun lalu, Departemen mengaku ada sekitar 150.000 X-ray ini masih menunggu entri database. Bahkan beberapa diantaranya data X-ray ini tidak dapat ditemukan seperti milik Keith Stoddart salah satunya.

Empat bulan yang lalu ia bekerja di tambang Gastree Anglo Amerikan, dekat Middlemount di Bowen Basin.

Ia mengalami sesak napas sebelum Natal dan ia merasa khawatir. Sejak itu lah keadaannya semakin memburuk, dan kini paru-parunya hanya berfungsi 50%.

Setelah menjalani pemeriksaan dan juga biopsi, ia telah didiagnosa mengalami pneumoconiosis atau paru-paru hitam.



Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment