Korea Selatan Siapkan 'Spartan 3000' Untuk Mengantisipasi Serangan Roket Korea Utara


Jengah diintimidasi, Korsel siapkan pasukan khusus gempur Korut
Pasukan elit Korsel latihan gempur Korut. ©2016 Merdeka.com/yonhap


INDOAU.COM –  Belakangan ini Korea Utara terus memprovokasi Korea Selatan dengan uji coba penembakan roket. Baru-baru ini kabarnya Korsel pun membentuk pasukan khusus ang beranggotakan sekitar tiga ribu personil untuk merespon intimidasi yang dilakukan oleh Korut. Korsel mengharapkan pasukan ini dapat menyerbu kota-kota penting korut termasuk Ibu Kota Pyongyang dalam waktu 24 jam.

Seperti dilansir dari The Telegraph, pasukan ini diberi julukan ‘Spartan 3000’ dan berlatih bersama Marinir AS sejak awal Maret 2016. 

Salah seorang militer yang tidak dapat ddisebutkan namanya juga memberikan informasi pada Kantor Berita Yonhap, "Dulu tentara Korsel di tingkat batalion butuh 48 jam. Sekarang pasukan khusus ini bisa lebih cepat lagi," ujarnya.

Juru bicara Kementerian Unrifikasi Korsel, Jeong Joon-hee, mengatakan bahwa mereka tidak mempunyai pilihan lain kecuali mempersiapkan skenario perang di Semenanjung Korea. Menurut informasi pun citra satelit menunjukkan aktifnya reaktor utama Korut dalam beberapa pekan ini, yang disebut-sebut memiliki hulu ledak nuklir. 

Bahkan pada Senin (21/3) siang waktu setempat, Korut kembali melakukan uji coba menembakan proyektil yang diduga merupakan roket jarak pendek ke arah Pantai Timur. Roket ini mengarah ke Jepang sebagai balasan Korut atas sanksi ekonomi oleh Dewan Keamanan PBB. 

Sedikitnya dalam bulan Januari sampai Maret ini Pyongyang telah memerintahkan uji coba roket sebanyak 15 kali. 

[MZ]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment