Korea Utara Menghukum Mahasiswa Amerika Dengan Kerja Paksa 15 Tahun

US student Otto Warmbier is stands slouched in North Korean court
Reuters/Kyodo - Otto Warmbier Hormat Saat Konferensi Pers di Pyongyang

INDOAU.COM — Korea Utara telah menghukum seorang mahasiswa Amerika yang mengaku mencuri materi propaganda dengan kerja paksa 15 tahun atas kejahatan terhadap negara, tetangga kantor berita resmi China Xinhua melaporkan

Hukuman itu dijatuhkan pada Otto Warmbier, seorang mahasiswa 21 tahun dari Universitas Virginia, oleh Mahkamah Agung Korea Utara, Xinhua mengatakan dalam sebuah pengiriman singkat datelined Pyongyang.

Menurut lembaga resmi Utara KCNA berita pada bulan Januari, Warmbier memasuki Korea Utara sebagai turis dan "tertangkap melakukan tindak permusuhan terhadap negara", yang katanya adalah "ditoleransi dan dimanipulasi oleh Pemerintah AS".

KCNA mengatakan bahwa ia telah memasuki negara itu dengan "tujuan untuk menghancurkan persatuan negara", tetapi tidak merinci.

Menurut profil media sosialnya, Warmbier berasal dari Cincinnati dan merupakan mahasiswa jurusan di bidang ekonomi di Universitas Virginia; profil Facebook-nya mengatakan ia juga telah mengunjungi Kuba, Irlandia dan Israel.

Korea Utara memiliki sejarah panjang terkait penahanan orang asing, dan Amerika Serikat dan pemerintah Kanada menyarankan agar wisatawan di sana lebih berhati-hati.

Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment