Tahukah Anda Tidur Mendengkur Dapat Sebabkan Kematian?



INDOAU.COM – Mendengkur merupakan gangguan pada saat manusia tengah tidur, dimana saat tidur ini manusia mengeluarkan suara-suara yang pelan maupun keras. Dalam kedokteran mendengkur ini biasa disebut sebagai sleep apnea yang diakibatkan adanya getaran pada saluran pernafasan pada bagian atas. 

Beberapa diantaranya menganggap bahwa menengkur adalah sesuatu yang sepele akibat aktivitas yang melelahkan, atau ada juga yang mengangggap sebagai keturunan, namun sebenarnya dengkuran merupakan gangguan kesehatan pada manusia yang bisa saja menyebabkan kematian. Pasalnya pada saat kita mendengkur maka kadar oksigen dalam tubuh akan naik turun dan mampu merusak lapisan sel dalam pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan penyakit seperti stroke dan juga hipertensi, atau bahkan serangan jantung yang berujung pada kemaian apabila dengkuran ini dibiarkan terus menerus. 

Dr. Peter Cistulli merupakan seorang pakar tidur di rumah sakit St. George Sidney Australia menuturkan bahwa mendengkur terjadi akibat adanya penyempitan pada saluran pernafasan manusia, sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh berkurang . Adapula dengkuran yang patut diwaspadai yaitu dengkuran yang semakin lama semakin mnegeras, kemudian berhenti, lalu erjadi hentakan nafas. 

Mendengkur dapat diatasi dengan beberapa cara seperti tidur dalam posisi miring salah satunya, karena dengan posisi ini maka akan membantu melonggarkan saluran pernafasan kita. 

Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment