Timor Leste Protes Garis Batas Maritim di Gedung Kedutaan Australia

Laut Timor

INDOAU.COM – Untuk negosiasi wilayah permanen garis batas maritim Laut Timor, ribuan demonstran lakukan protes di gedung Kedutaan Australia di Dili, Timor Leste.

Hubungan baik antara Timor Leste dan juga Australia kini tengah dihantui kebijakan Canberra yang menyangkut peihal lokasi-lokasi ilegal pengambilan SDA (Sumber Daya Alam) di wilayah Timor Leste. 

Timor Leste mengaku telah kehilangan hasil bumi seperti  minyak bumi dan juga gas yang senilai dengan USD 6,6 miliar oleh aturan provinsi Australia.

"Masyarakatnya harus berdiri melawan Australia dan bersama meminta Canberra untuk bernegosiasi dengan Dili dalam aturan garis batas maritim menurut hukum internasional," kata Mantan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao awal pekan ini.

Dilansir dari ABC.net,  Rabu (23/3), demonstrasi ini diikuti oleh kelompok sipil, pelajar, dan veteran pejuang kemerdekaan Timor Leste. Warga Timor Leste percaya jika Hukum Kelautan Konvensi PBB (UNCLOS) menentukan garis batas maritim.

PM Australia Malcolm Turnbull telah menawarkan perundingan bilateral, namun Dili menolak. 

Demonstrasi ini kabarnya akan dilakukan kembali  dan juga pendukung mereka kan melakukan demonstrasi di kota-kota Australia minggu ini.

 [MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment