18 Orang Tewas dan 1.500 Orang Terluka Akibat Gempa Berkekuatan 7 SR di Jepang

Puluhan Orang Terkubur Hidup-hidup, Penyelamatan Terus Berlangsung
REUTERS/Kyodo

INDOAU.COM – Gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR) mengguncang Kumamoto, Jepang, Sabtu dini hari waktu setempat. Jumlah korban terus bertambah. Hingga saat ini 18 orang tewas dan sejitar 1.500 orang mengalami luka-luka.

"Enam belas orang lagi tewas setelah gempa dahsyat kedua," tutur Mariko Kuramitsu, pejabat dari prefektur Kumamoto dikutip kantor berita AFP, Sabtu (16/4/2016).



Korban Tewas Gempa Jepang Bertambah Jadi 18 Orang, 1.500 Lainnya Terluka
REUTERS/Kyodo

Pihak Universitas Tokai juga melaporkan bahwa dua mahasiswa meninggal tertimpa reruntuhan asrama yang ambruk, sehingga total korban tewas menjadi 18 orang. An Bahkan sejumlah media melaporkan jumlah korban sudah mencapai 20 orang.

"Kami sedang mencoba mengkonfirmasi keselamatan para mahasiswa lainnya," demikian disampaikan pihak universitas yang diposting di situsnya.
Sebelumnya pada hari Kamis (14/4) Kumamoto diguncang gempa berkekuatan 6 SR yang menyebabkan 9 orang meninggal dunia dan ratusan orang mengalami luka-luka.

Gempa kali ini menyebabkan kerusakan pada Kastil Kumamoto yang menjadi salah satu ikon Pulau Kyushu yang sudah berumur 400 tahun. Sebagian tembok batu ambruk atau bahkan hancur.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS, mengatakan bahwa gempa tercatat di kedalaman 10 kilometer. Sebelumnya gempa ini disinyalir memicu tsunami, namun akhirnya peringatan tsunami dicabut.

[MZ]

Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment