Cerita Irma Bule Meninggal digigit Ular Kobra diberitakan oleh TIME.com

 

INDOAU.COM – Berita tentang seorang pedangdut Irma Bule yang meninggal akibat gigitan seekor ular kobra menyebar dengan cepat bahkan sampai menjadi berita utama internasional dalam beberapa waktu ini. 

Berita ini mengundang perhatian media AS yaitu TIME.com. TIME merupakan media mingguan di AS yang diterbitkan dalam beberapa edisi. TIME menuliskan sisi lain dari kehidupan Irma seorang penyanyi dangdut yang berusia 26 tahun itu berasal dari kalangan bawah yang berjuang untuk menghidupi ke tiga anaknya dan juga keluarganya lewat ‘goyang ular’ .

Irma sudah bernyanyi dangdut sejak ia lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan bernyanyi menggunakan ular ia lakukan sejak tiga tahun lalu.

Yeyen, seorang penyanyi dangdut sama seperti Irma, mengatakan untuk setiap penampilan penyanyi dibayar Rp 200.000,-, dan untuk penampilan dengan ular mereka dibayar Rp 250.000,-. “Kalau ada penari ular, akan lebih banyak penonton,” terang Yeyen pada media lokal.

Dangdut merupakan genre musik yang populer di Indonesia dan biasa dimanfaatkan untuk mengumpulkan masa saat musim kampanye. Banyak penyanyi baru yang merupakan wanita muda yang berasal dari kota kecil dan latar belakang keluarga miskin seperti Irma yang manggung dari satu daerah ke daerah lain untuk menghidupi keluarganya.

Mereka mencari cara untuk bersaing di pasaran, Biasanya penyanyi in memakai baju yang super-mini dan menari dengan tarian yang provokatif.

Dalam sebuah wawancara dengan Detik.com, Ibunda Irma yang bernama Encum mengatakan anaknya yang bernama Irmawati yang biasa disapa Eneng itu memulai sebagai ‘penari sejak tiga tahun lalu, namun biasanya ia menari dengan seekor uar yang tidak berbisa dan mulutnya diikat. “Mungkin eneng tidak tahu itu ular berbisa,” Encum menjelaskan tentang ular kobra yang terakhir dipakai Irma. 

Ada spekulasi yang menyebutkan bahwa Irma membawa ular ke atas panggung untuk menghindari sentuhan-sentuhan yang tidak diinginkan dari penonton, kata seorang jurnalis, Supriatma, yang meneliti tentang musik dangdut, dalam postingannya di Facebook. Supriaatma juga menuliskan Irma merupakan potret dari wanita Indonesia yang berasal dari kalangan bawah yang berjuang keras dan melakukan apa saja yang bisa ia lakukan untuk menghadapi kerasnya hidup.

Berikut adalah video amatir saat-saat Irma di patuk ular Kobra, yang diunggah di Youtube.


[MZ]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment