Desain Baru Pecahan 5 Dolar Australia Ramah Tunanetra

Uang kertas 5 dolar Australia edisi baru. (Reserve Bank Australia)

INDOAU.COM – Bank Sentral Australia (RBA) umumkan desain baru uang kertas 5 dolar. Uang kertas pecahan ini kini didesain dengan fitur yang ramah bagi tunanetra, juga fitur keamanan untuk menghindari pemalsuan uang.

Uang ini akan diedarkan mulai 1 September 2016 nanti.
"Fitur pengamanan yang lebih inovatif juga ditambahkan untuk menjamin keamanan mata uang Australia dari berbagai bentuk pemalsuan," kata Gubernur RBA, Glenn Stevens, seperti dikutip dari SMH.com.au, Selasa (12/4/2016).

Untuk warna, ukuran dan gambar tokoh di mata uang tersebut masih seperti desain uang lama agar tidak membuat bingung pasaran. Yang berbeda adalah ada fitur yang bisa diraba oleh tunanetra.

"Setiap lembaran mata uang seri baru ini akan dilengkapi dengan gambar spesies tumbuhan dan burung asli Australia. Ada bunga Prickly Moses wattle (Acacia verticillata subsp. Ovoidea) dan burung Eastern Spinebill (Acanthorhynchus)," demikian seperti dimuat situs Reserve Bank Australia.

Uang pecahan 5 dolar Australia ada sejak 49 tahun yang lalu dan sudah mengalami banyak perubahan sejak dicetak tahun 1967.

[MZ]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment