Herpetolog Temukan Tokek Spesies Baru Berekor Gemuk

Spesies Baru Tokek Berekor Gemuk Ditemukan di Pedalaman Queensland
(Foto: Angus Emmott)


INDOAU.COM – Ilmuwan di pedalaman Queensland menemukan spesies baru tokek berekor gemuk dinamai ‘Diplodactylus ameyi’ untuk menghormati herpetolog atau pakar reptil dan amfibi bernama Dr Andrew Amey. Tokek ini memakan rayap dan bertempat tinggal di lubang laba-laba.

Spesies ini diidentifikasi oleh herpetolog dari Museum Queensland, yakni Patrick Couper dan rekannya Paul Oliver, dari Universitas Nasional Australia (ANU).

Meskipun lingkungan Queensland cukup keras, namun Patrick mengatakan reptil tersebut bertahan hidup dengan baik di daerah pedalaman.

"Hewan ini aktif di malam hari jadi mereka keluar di malam hari ketika suhunya jauh lebih dingin dan siang hari mereka bernaung di bawah liang laba-laba, sehingga mereka pada dasarnya menghindari panas di siang hari," jelasnya.

"Dan sebagian besar kelembaban mereka mungkin berasal dari sumber makanan yang didapat," imbuhnya.

"Ekor gemuk pada hewan seringkali sangat mirip dengan bentuk kepala dan dengan menunjukkan ekor ke predator potensial, Anda berpotensi melindungi kepala Anda,"

"Jadi ketika predator menggigit Anda, Anda menunjukkan ekor, Anda menjamin keselamatan Anda dan bertahan di pertemuan itu," pungkasnya.

[MZ]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment