Pasangan yang Menikah di Usia 13 dan 16 Tahun ini Tampak Bahagia

Jie 16 tahun, memandang foto pernikahan mereka(Muyi Xiao/CNN)

INDOAU.COM – Seorang perempuan berusia 13 tahun menikah dengan laki-laki yang baru berusia 16 tahun. Ke dua remaja ini menikah tiga hari setelah mereka bertemu di pesta kembang api Tahun Baru 2014 lalu. Tak lama setelah menikah, Jie hamil.

Dalam kehidupan feudal Tiongkok di masa lampau, perempuan memang wajib menikah di usia muda. Namun, pernikahan samacam ini bukanlah hal yang biasa bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman yang miskin di pegunungan China.

Seorang fotografer Muyi Xiao bertemu dengan pasangan muda ini di barat laut Provinsi Yunnan, tahun 2014 silam.

Ia mengatakan bahwa Jie dan suaminya adalah pasangan pengantin termuda yang pernah ia potret.
Hasil karyanya kemudian membuat ia diganjar hadiah paling bergengsi dari Yayasan Magnum.

"Tiap remaja putri di desa-desa yang aku kunjungi telah menikah sebelum usia 18 tahun dan mereka luar biasa muda," kata Xiao kepada CNN, Rabu 13 April lalu.

"Fenomena itu menjadi hal biasa bagi mereka, dari mulai guru, orangtua dan anak-anak lain tak memandangnya aneh," lanjut fotografer perempuan berusia 26 tahun itu.

Xiao mengatakan pernikahan antara Jie dan suaminya bukanlah paksaan dari orang tua atau karena hamil diluar nikah. Ia mengetahui hal tersebut karena ia menghabiskan waktu selama 18 bulan untuk memotret pasangan tersebut.

"Aku tak melihat adanya paksaan. Anak-anak itu bahagia, dan mereka mengaku saling jatuh cinta," terang Xiao.

[MZ]

Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment