Pemerintah Australia Lanjutkan Pendanaan Untuk Beberapa Sekolah Islam

Murid-murid Islamic College of Melbourne. (Foto: ABC/Jessica Longbottom)
Murid-murid Islamic College of Melbourne. (Foto: ABC/Jessica Longbottom)
INDOAU.COM – Pemerintah Australia pulihkan bantuan dana untuk sejumlah sekolah Islam. Sebelumnya sekolah-sekolah tersebut mengalami evaluasi terkait penggunaan dana di 6 sekolah yang dikelola oleh Australian Federation of Islamic Councils (AFIC).

Dari enam sekolah yang dievaluasi tersebut, ada dua sekolah yang tidak akan dipulihkan pendanaannya. Islamic School of Canberra dan Malek Fahd Islamic School di Sydney. Kedua sekolah ini kemungkinan akan ditutup.

Islamic College of Melbourne merupakan salah satu sekolah yang dipulihkan, sekolah ini sempat dihentikan pendanaannya dan terancam bubar.

Menteri Pendidikan Australia, Simon Birmingham, beberapa waktu lalu mengatakan bahwa pendaan akan dilanjutkan bagi empat sekolah setelah melakukan perubahan pengelolaan sekolah.

Pekan lalu, Kepala Sekolah Islamic College of Melbourne Abdul M Kamareddine menyatakan lega dengan keputusan pemerintah ini.

"Saya pribadi sebelumnya susah tidur karena kami memiliki 870 murid yang ingin bersekolah di sini," jelasnya kepada ABC.

Pimpinan sekolah Khaled Ajaj mengatakan, perubahan itu memang diperlukan. "Sebelumnya, semua urusan keuangan ditangani oleh AFIC di Sydney. Kami di sini tidak memiliki kewenangan dalam urusan keuangan itu," jelasnya.

"Sekarang AFIC tidak lagi menentukan bagaimana sekolah ini dijalankan," tambah Khaled Ajaj.

Ia juga percaya bahwa pendanaan untuk Islamic College of Melbourne dipergunakan dengan bijak dan sebagaimana mestinya.

Selain Islamic College of Melbourne, Islamic College of South Australia juga tetap akan mendapatkan pendanaan.

Menurut Departemen Pendidikan sekolah yang terletak di Croydon ini telah melakukan perubahan mendasar dalam pengaturan keuangan mereka.

"Mereka akan independen secara operasional dan finansial dari AFIC," kata Menteri Pendidikan Simon Birmingham.

Miriam Silva selaku pemimpin sekolah merasa lega dengan keputusan yang dibuat pemerintah. Juga masih banyak yang harus ditingkatkan.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment