Pemerintah Tambahkan Dana Senilai Rp 500 Miliar Untuk Rehabilitasi Great Barrier Reef

Proyek perbaikan kualitas air di Great Barrier Reef bertujuan mengurangi efek endapan pada gugusan terumbu karang. (Credit: ABC licensed)
INDOAU.COM – Menteri Lingkungan Federal, Greg Hunt, mengumumkan bahwa dana sebesar $50 juta atau setara dengan Rp 500 miliar akan ditambahkan oleh Pemerintah Australia untuk membiayai proyek perbaikan kualitas air di Great Barrier Reef.

Akhir tahun lalu, Gugus Tugas Ilmu Pengetahuan Perairan Great Barrier Reef melaporkan perlu dana hampir $600 juta selama 5 tahun untuk membantu mengurangi dampak polusi di kawasan hamparan terumbu karang terluas di dunia sepanjang 2300 kilometer di pesisir Queensland Australia.

Menurut Greg Hunt pendanaan ini akan dialokasikan untuk program mengurangi pupuk yang mengalir ke perairan tersebut.

"Pengurangan itu meliputi pengurangan endapan lumpur, pengurangan kadar nitrogen dan pestisida melalui pengelolaan penggembalaan ternak dan penanaman kebun maupun praktek -praktek pengelolaan tanah di proyek pertanian lainnya, "kata Hunt.

Ia juga mengatakan Pemerintah Federal masih akan menambah dana dalam beberapa pekan mendatang.
"Kita akan mengalokasikan anggaran melalui proses implementasi rekomendasi panel ahli independen mengenai terumbu karang dari Commonwealth,"

"Kita juga akan membuat hub riset kualitas air tropis senilai $30 juta yang jika digabungkan kita bisa mengejar target peningkatan kualitas air di Great Barrier Reefs," katanya.

"Kita akan memenuhi dan melampaui komitmen kita sehingga jelas dan benar-benar tegas, sudah menjadi tekad Saya untuk melampaui komitemen tersebut," katanya.

"Dan target itu bermakna populasi bintang laut akan berkurang,"

"Saat ini operator taman laut di Great Barrier Reef sudah mendapat pendanaan dari Commonwealth juga untuk menghilangkan mahkota duri sehingga kesehatan situs terumbu karang akan lebih baik dan kita sekarang sudah berada di jalur yang positif," katanya.

Larissa Waters, Senator Partai Hijau Queensland mengatakan pendanaan $50 juta tersebt masih jauh dari apa yang dibutuhkan, ia mendesak agar Pemerintah menghentikan perizinan tambang batu bara di kawasan yang beredekatan dengan Great Barrier Reef.

"Anda tidak bisa membuang uang jutaan dolar pada masalah ini, padahal masalah ini tetap berlanjut bahkan mungkin akan bertambah buruk lantaran kebijakan perubahan iklim yang buruk sementara izin penambangan batu bara baru tetap disetujui," katanya.

Steven Miles sebagai Menteri Lingkungan Queensland mengatakan bahwa mitranya di Pemerintah Federal mengalokasikan dana tanpa menunggu laporan dari gugus tugas bagaimana anggaran dialokasikan.

"Itu alasan mengapa kita membentuk gugus tugas, Saya anggap keterlaluan jika Menteri Lingkungan Federal secara tiba-tiba bertindak seolah-olah  memiliki jawaban untuk mengatasi masalah di Great Barrier Reef menjelang rencana pemilu yang mereka usulkan," katanya.

"Terutama di daerah-daerah Cairns dan Queensland Selatan kita melihat pemutihan sudah mulai berkurang dan karang-karang disana sudah mulai pulih,"

"Sementara terumbu karang dibagian Utara yang terdampak fenomena pemutihan ini lebih lama, akan butuh waktu lebih lama juga untuk pulih." tambahnya.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment