Seniman Queensland Ciptakan Boneka Reborn yang Mirip Bayi Sungguhan

Boneka reborn karya Vynette Smith sering dikira bayi sungguhan.


INDOAU.COM – Seorang seniman asal Gympe, Queensland berhasil membuat boneka bayi yang mirip bayi sungguhan. 

Seniman tersebut bernama Vynette Smith, ia membuat boneka tersebut dengan se detil mungkin dan kulitnya pun lembut seperti bayi. Tak hanya itu, boneka bayi tersebut juga ternyata dibuat dengan aroma yang mirip bayi.

"Ketika anak laki-laki Saya mulai mandiri dan tinggal terpisah Saya mulai mengoleksi boneka porselain atau boneka keramik dan saya melihat sebuah foto boneka reborn yang saya kira adalah seorang bayi sungguhan, jadi Saya mulai mempelajarinya,” katanya.

Boneka reborn karya Smith ini memang sungguh mirip dengan bayi sungguhan, karena itulah salah seorang pelanggannya sempat bermasalah dengan polisi.

Vynette Smith dan boneka reborn buatannya (ABC)

"Beberapa tahun lalu di Gympie, seorang pelanggan saya membuat boneka reborn untuk anak perempuannya dan mereka pergi berbelanja dan anaknya meletakan boneka bayinya terikat kursi,” kata Smith.

"Ketika kembali mereka mendapati polisi telah memecahkan kaca mobilnya untuk beralasan hendak menyelamatkan bayi yang diduga terkunci didalam mobil ditengah cuaca panas. Bayi tersebut ternyata boneka reborn buatannya,” katanya.

Boneka reborn tak seperti boneka lain yang dapat diproduksi massal dengan cepat, butuh waktu yang cukup lama bahkan sampai berminggu-minggu.

Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat boneka tersebut adalah proses melukis tubuh boneka yang terbuat dari plastik sintesis atau vinyl.

" Saya menggabungkan cat warna biru, merah dan ungu muda dan menandai semua pembuluh darah kecil di kepala, tangan dan kaki, "kata Smith.

"Kita juga bisa menempatkan air mata atau  gelembung ludah di mulut boneka reborn sehingga Anda bisa membuat  sebanyak mungkin detail nyata dari gambaran bayi yang sesungguhnya dalam boneka reborn.”

Material lain juga dimasukkan ke dalam cetakan boneka agar bobotnya sama dengan bayi.

Smith mengatakan penggemar boneka reborn ada juga yang membeli pewangi khusus bayi.

“Boneka reborn ini sangat mirip dengan bayi asli, sangat mudah mengecoh dan meyakinkan orang kalau boneka itu adalah bayi sungguhan,” katanya.

Rambut boneka reborn sendiri berasal dari bulu domba Anggora dan dipasangkan ke kepala juga diperkuat dengan lem tahan air agar bisa dirawat layaknya bayi sungguhan, mulai dari shampo, gel, hingga conditioner.

Sekitar sepuluh tahun yang lalu Smith menjual boneka reborn dengan harga $2500 atau sekitar Rp 25 juta,  namun seiring berkembangnya persaingan boneka reborn dari China yang di produksi secara massal, maka ia terpaksa menurunkan harga boneka reborn tersebut hingga ratusan dolar.

Pembuatan boneka reborn ini juga dilatarbelakangi oleh keinginannya untuk membuat orang lain merasa nyaman.

"Beberapa orang yang membeli boneka reborn adalah orang yang telah kehilangan bayinya dan mereka hendak merasakan kedekatan dengan bayinya yang meninggal, sehingga mereka membuat boneka yang dibuat berdasarkan gambar imajinasi mereka sendiri,” katanya.

Smith menuturkan bahwa beberapa karyanya memang dibuat untuk mereplikasi bayi yang lahir keguguran agar lebih dekat dengan orang tuanya.

Selain itu juga boneka ini dihadirkan untuk penderita demensia agar dapat merasakan bagaimana rasanya memegang bayi.

Disamping semua itu, ternyata ada juga yang menganggap bayi reborn karyanya itu menyeramkan.

"Sejumlah orang memandang dan menganggap boneka reborn itu menyeramkan dan mungkin salah satu alasannya adalah karena bisa jadi boneka itu terlihat seperti jenazah. Karena terlihat sangat mirip dan tidak bergerak, boneka ini jadi terlihat seperti bayi mati. Tapi disatu sisi ini merupakan nilai tambah karena berarti boneka reborn buatan saya sangat mirip bayi sungguhan.”

 [MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment