Telekonferensi Sebagai Sarana Terapi Wicara Warga Australia yang Tinggal di Pedalaman

Simone Dudley uses teleconferencing technology to speak to patients
Simone Dudley sedang melakukan sesi terapi wicara dengan pasien anak melalui teleconference. (Credit: ABC)
INDOAU.COM –Telekonference atau teknologi konferensi jarak jauh dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang tinggal di pedalaman Australia untuk berkonsultasi dengan dokter umum dan juga pelayanan kesehatan lainnya.

Simone Dudley tinggal di pertanian di luar Deniliquin, Riverina, New South Wales dan bekerja sebagai mitra  patolog terapi berbicara Sue Cameron di Kota Henty, Barat Daya Victoria.

Masyarakat Rivena kesulitan untuk berkonsultasi dengan dokter karena sering kali para spesialis dan mitra profesional lainnya hanya bisa ditemui di pusat kota di kawasan atau kota-kota besar.

Dudley mengatakan keluarga yang ingin mengunjungi terapis okupansi namun tinggal di pedalaman harus menempuh jarak ratusan kilometer.

"Kami bekerja dengan keluarga yang kesulitan mengakses terapis secara langsung, sehingga teknologi konferensi jarak jauh seperti ini menjadi alternatif terbaik,"

"Kita tahu didalam program intervensi atau penanganan keterlambatan perkembangan di usia anak-anak yang memungkinkan anak-anak tinggal di lingkungan alami mereka sangat penting,"

"Kami mendapati kemudahan mengakses kelas terapi reguler dengan cara ini telah meningkatkan frekuensi terapi dan akses. karenanya telekoferensi sangat menguntungkan keluarga untuk bisa mengakses praktek dokter jarak jauh,"

"Jadi masukan yang kami dapat  dari keluarga-keluarga ini adalah mereka merasa kepercayaan diri dan kemampuan mereka meningkat untuk dapat mendukung anak-anak dalam kegiatan rutin mereka sepanjang pekan, tidak hanya pada sesi terapi saja," katanya.

Karena koneksi di tempat tinggal Dudley tidak stabil, maka ia harus menempuh 40 kilometer untuk melakukan telekonferensi di Deniliquin.

"Terkadang saya harus menghentikan sambungan kamera saya namun tetap bisa melihat mereka, dengan demikian saya bisa menghemat bandwith yang dibutuhkan," katanya.

"Namun kondisi seperti ini tidka sering terjadi, kondisinya memang tidak sempurna tapi ada cara yang bisa dilakukan untuk menyikapina,"

Teknologi telekonferensi ini tidak hanya membantu keluarga di pedalaman Australia saja, tapi juga bisa membantu warga yang tinggal di luar negeri.

"Ada juga pasien Saya yang berbasis di Asia, mereka tidak semuanya keluarga Australia tapi mereka keluarga yang berbahasa Inggris dan tinggal di Asia," tambahnya.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment