Turis Australia Mengira Kalimantan adalah Malaysia

Pulau Derawan, Kalimantan


 INDOAU.COM – Kurangnya promosi kawasan di Indonesia membuat banyak turis yang salah paham, salah satunya adalah turis Australia yang mengira Kalimantan adalah Malaysia.

Dilansir dari detikTravel, hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Balikpapan Borneo Travel Mart 2016, Joko Purwanto di Platinum Balikpapan Hotel & Convention Hall, Jl Soekarno Hatta, Balikpapan, Kamis (21/4/2016) malam. Menurutnya, promosi wisata Kalimantan belum digenjot maksimal oleh pemerintah.

"Kalimantan punya banyak potensi wisata, dari petualangan, budaya sampai lautan. Ini sebenarnya sangat menarik untuk turis," katanya.

"Tahu nggak, turis Australia itu mikirnya Kalimantan adalah Malaysia. Mereka lihat sungai, suku Dayak dan pantai di sini anggapnya bagian dari Malaysia," katanya sambil geleng-geleng kepala.

Salah satu penyebabnya adalah kurangnya event-event yang berhubungan dengan wisata Kalimantan.

"Dengan itu kita berharap Balikpapan Borneo Travel Mart 2016 sampai tanggal 23 April mendatang ini, jadi pertemuan buyer-buyer (19 jumlahnya) dari  Australia dan para pelaku wisata di Kalimantan. Mereka nanti diajak juga jalan-jalan ke Derawan biar lihat langsung indahnya Kalimantan," paparnya.

Joko meminta kpada pemerintah agar ada perhatian lebih terhadap sektor pariwisata dan juga harus ada promosi wisata Kalimantan. Ia juga merasa kecewa karena destinasi wisata Kalimantan tak satu pun masuk ke dalam daftar ’10 destinasi prioritas’.

"Sedih saya nggak ada satu pun destinasi di Kalimantan yang nggak masuk dalam daftar itu. Padahal kita banyak sekali potensi wisata, Derawan saja bawah lautnya dinilai tercantik kedua setelah Raja Ampat," tutupnya.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment