Wanita Barbie Jasmin Alami Kelumpuhan di Sekujur Tubuhnya


INDOAU.COM – Jasmin Britney adalah wanita Barbie lumpuh pertama di dunia. 

Wanita asal Finlandia ini divonis menderita quadriplegic yaitu kelumpuhan di hampir seluruh tubuhnya, mulai dari bawah dagu hingga kaki tak ada yang bisa digerakkan.

Ia mengalaminya sejak usia 9 tahun setelah tertabrak mobil saat hendak menyebrang jalan.

“Aku ingat jelas hari itu, 7 Maret 1998. Aku sangat senang karena baru mendapat uang jajan dan ingin membeli permen lolipop Spice Girls. Aku ngefans Spice Girls. Toko yang menjual permen sebenarnya dekat dari rumah, tapi aku harus menyebrang jalan, saat itulah kecelakaan terjadi. Kepalaku tertabrak mobil dan aku 'terbang' sejauh 23 meter" kenangnya.

Ia langsung dilarikan ke  rumah sakit dan tak sadarkan diri selama 12 jam.

Dari hasil pemeriksaan MRI diketahui, dia mengalami kelumpuhan dari lehernya hingga ke kaki. Tulang belakangnya juga terluka dan tidak bisa diobati.

Keluarganya memberikan dukungan yang besar sehingga Jasmin dapat menjalani hidupnya.

"Aku tahu suatu hari nanti aku akan membantu orang lain yang terluka sepertiku. Demi kedua orangtua dan keluargaku juga aku harus kuat. Dan aku mendapatkan inspirasi untuk menjadi kuat dari cerita-cerita dongeng, Barbie, Cinderella, dan kisah lainnya," tutur wanita 26 tahun itu.

Agar bisa bernafas, sebuah alat dipasang di tenggorokannya. Tak banyak yang bisa ia lakukan, oleh karena itu seorang asisten bernama Henriikka membantunya melakukan kegiatan sehari-hari.



"Dia yang membantuku melakukan semuanya. Dia yang mendandani wajah dan rambutku. Butuh waktu 45 menit untuk kami bersiap-siap sebelum ke sekolah," ujar Jasmin.

Pasca kelumpuhan ia merasa dirinya tak menarik  lagi, namun kemudian ia tersadar bahwa kelumpuhan yang dialaminya bukanlah penghalang untuk tampil cantik. Oleh karena itu ia menjadikan Barbie sebagai inspirasinya. Henriikka membantu Jasmin berdandan layaknya Barbie sungguhan. Seorang stylist juga didatangkan ke rumah untuk menata rambutnya agar pirang seperti Barbie.

"Sangat membuat frustasi karena aku tidak pernah bisa menjadi orang yang memakai eye shadow atau bulu mata sendiri, selalu dibantu orang lain. Tapi dengan ada orang yang membantuku berdandan dan menata rambut itu membuatku bahagia karena aku jadi merasakan yang bagian tubuhku hanya bisa merasakan sentuhan," ucapnya panjang lebar.

"Sangat Barbie. Aku tidak pernah berdandan natural. Aku tidak pernah meninggalkan rumah tanpa penampilan sempurna seperti Barbie," katanya.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment