Berolahraga Hindarkan Wanita Dari Kanker Serviks

sehatnews.com

INDOAU.COM – Berolahraga ternyata dapat menurunkan risiko wanita terkena kanker serviks, meskipun hanya 30 menit dalam satu pekan.

Fakta tersebut didapat dari studi Roswell Park Cancer Institute (RPCI) di New York, Amerika Serikat.

Mereka melakukan studi terhadap 1128 wanita dengan kanker serviks dan 512 wanita bebas kanker. Ternyata, orang-orang yang cenderung kurang aktif lebih mungkin untuk terdiagnosa kanker serviks.

Hanya berolahraga 30 menit dalam seminggu dapat membuat perbedaan besar. Jika tidak berolahraga dengan durasi tersebut, potensi wanita terkena kanker serviks meningkat 2,5 kali dibandingkan mereka yang berolahraga.

"Kami berpikir dengan hasil studi ini bisa menjadi pesan publik bahwa orang yang kurang berolahraga terkait dengan risiko yang lebih besar terkena penyakit serius. Temuan kami menunjukkan setiap olahraga dapat mengurangi risiko terkena kanker serviks," tutur salah satu peneliti dari Department of Cancer Prevention and Control RPCI, Kirsten Moysich.

Dilansir dari Science Daily, Kamis (19/5/2016), menghindari merokok dan rutin melakukan skrining akan memperkuat untuk menghindari kanker serviks.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment