Biarkan Bayi Menangis Sampai Tertidur Ternyata Bermanfaat



INDOAU.COM – Studi terbaru menunjukkan bahwa membiarkan bayi menangis sampai tertidur ternyata bermanfaat, selain tidak memicu stres atau gangguan emosional kronis pada bayi, teknik tersebut juga dapat membuat bayi lebih cepat tidur.

Peneliti di Universitas flinders, Adelaide menyarankan agar orang tua mencoba teknik tersebut untuk membantu bayi mereka agar tidur lebih cepat, dan juga lebih terjaga dari tidur di malam hari.

Dr Michael Gradisar wajar apabila orang tua merasa khawatir apabila anaknya terus-terusan menangis hingga tertidur.

"Sejumlah orang  menilai saran ini adalah sesuatu yang tidak seharusnya mereka lakukan, mereka merasa bersalah dan ketika mereka benar-benar melakukannya dan membiarkan anak mereka menangis sebelum tidur mereka justru merasa tertekan bahkan sebelum melakukannya,' kata Dr Gradisar.

"Namun hasil tes yang kami lakukan menunjukan tidak ada tingkat stres kronis yang dialami oleh anak-anak, dan ini merupakan kabar positif,"

Dalam riset ini, sebanyak 40 bayi diatas 6 bulan yang bermasalah dengan pola tidur beserta orang tuanya diikutsertakan.

Namun ia juga menyarankan agar para orang tua memeriksakan kesehatan mereka.

"Orag tua harus berkonsultasi dulu dengan dokter anak atau dokter umum dan memastikan mereka mendapat pemeriksaan kesehatan yang lengkap dan tidak ditemukan penyebab lain yang menyebabkan anak menangis," kata Dr Gradisar.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment