CYBERCOM Berupaya Hancurkan Koneksi Internet ISIS yang Masih Merajalela


INDOAU.COM -- Komando Cyber pada militer Amerika Serikat (AS) tengah berupaya untuk membuat ISIS terisolasi secara virtual dengan menghancurkan koneksi internet milik kelompok militan tersebut.

Dilansir dari AFP, Jumat (29/4/2016), Menteri Pertahanan AS Ashton Carter mengatakan bahwa misi Komando Cyber atau CYBERCOM yang bersifat rahasia ini merupakan operasi besar pertama yang dilakukan militer AS di dunia maya. Carter menyebut CYBERCOM berperan penting dalam operasi koalisi pimpinan AS dalam melawan ISIS di Suriah dan Irak yang berlangsung sejak tahun lalu.

"Tujuannya adalah mengacaukan komando dan pusat kendali ISIL (nama lain ISIS), menghambat kemampuan ISIS untuk memindahkan uang, mengganggu kemampuan ISIS dalam menindas dan mengendalikan populasinya, mengganggu kemampuan ISIS merekrut anggota secara eksternal," terang Carter kepada anggota parlemen dari Komisi Senat Urusan Angkatan Bersenjata yang mengawasi militer AS.

"Kami mengebom mereka (ISIS) dan kami akan memutus internet mereka dan seterusnya," imbuhnya.

Penasihat militer Carter, Jenderal Joe Dunford, secara terpisah mengatakan bahwa tujuan dari misi tersebut adalah untuk memutus jalur komunikasi ISIS yang masih merajalela di Suriah dan Irak.

"Efek keseluruhan yang ingin kami capai adalah isolasi virtual. Ini sangat melengkapi aksi fisik kami di lapangan dan fokus khususnya ialah operasi eksternal yang mungkin dilakukan ISIL," jelas Dunford.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment