Data Panama Papers Kini Dapat Diakses Secara Online oleh Publik


INDOAU.COM – Sekitar 200 ribu nama yang terdaftar dalam Panam Papers kini sudah dapat dilihat siapa saja karena dapat diakses di intermet.

Pusat data tersebut merupakan sumber informasi terbesar yang pernah ada tentang perusahaan offshore dan pemiliknya, termasuk penggelapan yang dilakukan untuk mengurangi pajak dan lain sebagainya.

The International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) mengatakan mereka menerbitkan data tersebut atas kepentingan publik dan data yang dikeluarkan pun masih sedikit dari keseluruhan 11,5 juta data yang mereka dapatkan dari Firma hukum Mossack Fonseca di Panama.

Pusat data baru ini akan berisikan rincian nama perseorangan, perusahaan, klien, dan perantara sehingga publik dapat  menelusuri jaringan perusahaan dan perseorangan, yang menggunakan peraturan rahasia adalah bantuan Mossack Fonseca.

Data sebesar 2,6 terabyes itu berasal dari sumber yang dirahasiakan bernama “Jon Doe” yang menghubungi wartawan harian Jerman Süeddeustche Zeitung yang kemudian bekerjasama dengan ICIJ dan wartawan dari seluruh dunia termasuk program Four Corners ABC.

"Pada akhirnya, ribuan penuntutan bisa dilakukan dari data Panama Papers ini, bila saja pihak berwenang bisa mendapatkan akses dan mengkaji dokumen sebenarnya." kata John Doe.

"Saya bersedia bekerjasama dengan pihak berwenang sepanjang yang saya bisa lakukan."

Sumber tersebut juga menyebutkan perlindungan lebih besar bagi whistleblowers (mereka yang berani mengadu atau berbicara mengenai sebuah kasus di dalam perusahaan), juga mengajak pemerintah di seluruh dunia untuk melawan dan melakukan tindakan nyata terhadap penyalahgunaan daerah ‘surga pajak’.

Penerbitan pusat data tersebut akan berdampak besar karena pemerintah maupun individu dapat menelusuri dan melihat kemungkinan-kemungkinan yang tidak dilaporkan oleh wartawan sebelumnya dengan melihat data tersebut.

Data selengkapnya klik disini .

[MZ]

Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment