Gereja Tawarkan Tempat Kepada Komunitas Muslim Setelah Masjid Geelong Terbakar


Kebakaran bangunan masjid, yang dulunya gereja di kawasan Geelong. Foto: Matthew Richards
INDOAU.COM – Anggota komunitas Muslim di Geelong mengaku mendapat banyak sekali dukungan setelah masjid utama bekas gereja terbakar.

"Sejak pagi ini kami telah menerima banyak telepon dari tokoh masyarakat di sekitar Melbourne dan Geelong... dukungan yang luar biasa," kata Sheikh Muhammad Saleem dari Dewan Imam Victoria.

"Saat saya sedang melihat masjid, saya cukup "kewalahan" dengan dukungan yang diungkapkan oleh warga sekitar, saya sangat senang mendengar warga, baik pria maupun perempuan yang tinggal disana datang dan menawarkan bantuan secaa langsung," ujarnya. 

"Jawaban saya adalah, 'Mari kita berdiri bersama dan membangunnya kembali."

Bahkan Gereja Anglikan juga telah menawarkan imam dari masjid Geelong, Mohammad Ramzan, untuk shalat Jumat di aula gereja di All Saints Anglican Parish di Newtown.

"Kami ingin membantu dengan cara apapun yang kami bisa," kata Uskup Philip Huggins yang mengatakan Gereja Anglikan akan terus tawarkan bantuan.

"Kami mengerti betapa mengejutkan dan menyedihkannya kehancuran tempat beribadah...," tambah Uskup Philip. "Dengan kesamaan diantara kita, jelas kita ingin menjangkau dan membantu teman-teman Muslim untuk melanjutkan ibadah mereka."

Seorang anggota komunitas Muslim di Geelong asal Indonesia, Sugiyanto, mengatakan kini mereka shalat di aula setelah masjid hancur terbakar.

The aftermath of Geelong mosque fire

"Alhamdulillah, kami sudah mulai Maghrib kemarin di aula. Di masjid ada aula dan kami shalat disana, kami pun sudah mendapat izin dari pihak keamanan untuk bisa menggunakan aula," ujar Pak Sugiyanto yang sudah tinggal di Geelong selama 23 tahun.

"Inilah keberuntungan tinggal di Geelong, kita tidak pernah memiliki masalah semua partai gereja di Geelong, polisi, hingga tetangga membantu dan menyampaikan kepedulian mereka," tambahnya,

"Untuk shalat Jumat kami masih akan membahasnya hari Kamis (19/05) di jam Dzuhur."

Hingga kini pihak kepolisian masih memantau dan menyelidiki insiden terbakarnya masjid itu.


[MZ]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment