Indonesia Berpeluang Mengisi Kekurangan 38 Ribu Koki di Australia


INDOAU.COM – Sebanyak 38 ribu lapangan kerja menjadi seorang koki di Australia kini tengah dibutuhkan. Dan Indonesia berpeluang mengisi posisi tersebut karena dekatnya jarak antara Australia dan Indonesia.

Sebuah laporan lembaga peneliti Deloitte Access Economics mengatakan bahwa posisi 38 ribu koki ini tersebar di seluruh Australia.

Memang tak semua lapangan kerja ini penuh waktu. Koki dibutuhkan terutama pada masa wisata sibuk di Australia terutama di musim panas yang berlangsung antara bulan Oktober sampai April setiap tahunnnya.

Saat melakukan kunjungan ke Australia pada bulan Maret lalu, Menteri Perdagangan Indonesia Thomas Lembong sudah mendengar hal serupa, setelah dia mengadakan pembicaraan dengan Menteri Perdagangan Australia Steve Ciobo.

"Menteri Perdagangan dan Investasi Australia Steve Ciobo datang ke saya dan mengatakan hal tersebut," kata Mendag Lembong ketika itu.

"Sektor pariwisata mereka melejit, namun kekurangan tenaga kerja. Dan Steve Ciobo tertarik sekali dengan tenaga kerja Indonesia untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut," ujar Lembong.

Ketertarikan ini dilatarbelakangi letak negara yang berdekatan, juga pekerjaan tersebut dikategorikan sebagai pekerjaan musiman yang berlangsung selama 3-4 bulan.

"Hal tersebut tidak mungkin dipenuhi oleh mitra dagang yang jauh dari Australia, seperti Timur Tengah atau Eropa," ujar Lembong.

Ia berharap dengan adanya tenaga kerja Indonesia di Australia dapat menjadi salah satu penguat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Australia.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment