Kapal Pembawa Pengungsi ke Eropa Tenggelam Tiga Hari Berturut-turut, 900 Orang Tewas

AFP

INDOAU.COM – Setidaknya 700 pendatang dikhawatirkan tewas karena beberapa kapal tenggelam di lepas pantai Libia dalam tiga hari berturut-turut pekan lalu, seperti diungkapkan Badan Pengungsi PBB, UNHCR.

Juru bicara UNHCR, Carlotta Sami, mengatakan sekitar 100 pendatang hilang karena pada hari Rabu kapal terbalik, dan 500 orang lainnya hilang di hari berikutnya, pada hari Jumat setidaknya 45 jenazah ditemukan. Sementara itu, sejumlah orang masih dinyatakan hilang dan 135 orang berhasil diselamatkan.

AFP

Peningkatan jumlah pendatang dari kawasan Afrika dan Timur Tengah ke Eropa disebabkan oleh cuaca musim semi yang menghangat. Namun, yang berbahaya adalah mereka menggunakan kapal yang tidak layak atau membawa penumpang yang melampaui kapasitasnya.

Sementara itu, lembaga bantuan sosial lainnya, MSF Sea, mengatakan jumlah korban tewas akibat kapal tenggelam pekan lalu sekitar 900 jiwa.

Kementerian Pertahanan Inggris

Pendatang yang selamat dibawa kota pelabuhan Taranto dan Pozzallo di Italia.

Selain itu, pada hari Sabtu (28/5/2016) pihak berwenang Italia mengatakan mereka berhasil menyelamatkan lebih dari 600 pendatang di lepas pantai Libia, sehingga jumlah pendatang yang selamat dalam satu pekan sekitar 13.000 orang.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment