Kebun Binatang Perth Lepasliarkan Orangutan Bernama Nyaru di Taman Nasional Sumatera

Orangutan bernama Nyaru akan dilacak keberadaannya di hutan tropis Sumatra selama 2,5 tahun setelah dilepasliarkan. (ABC)
INDOAU.COM – Seekor orangutan bernama Nyaru yang lahir di Kebun Binatang Perth akan diterbangkan ke Indonesia untuk diawasi di tempat perlindungan selama tiga bulan sebelum akhirnya dilepaskan ke alam liar.

Pelepasan Nyaru yang kini berusia 8 tahun itu merupakan bagian dari program untuk mengisi kembali hutan dengan spesies yang kini terancam punah akibat perburuan liar dan hilangnya habitat orang utan.

Holly Thompson, seorang petugas kebun binatang yang biasa mengurus Nyaru di Kebun Binatang Perth mengatakan bahwa Nyaru sudah siap untuk dilepaskan ke alam liar.

"Nyaru hewan yang sangat pintar, memiliki rasa ingin tahu yang besar dan hewan yang menyenangkan sekali,” kata Thompson.

"Dia tidak terlalu tergantung dengan penjaganya, dan hal itu bagus, dan kami sudah melakukan upaya-upaya untuk mempersiapkan Nyaru dengan rencana  pelepas liarannya kembali ke habitat aslinya,”

"Dia tidak membutuhkan kita lagi, saatnya untuk bergabung dengan sepupunya di alam liar."

Ia akan diperkenalkan dengan habitat barunya secara perlahan di Taman Nasional Bukit Tigapuluh di Sumatera Timur sebelum ia dilepaskan.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment