Mahasiswa Canberra Bisa Lakukan 'Kencan Cepat' Untuk Dapatkan Pekerjaan

Even serupa pernah dilakukan di NSW dan Victoria (Ribit)

INDOAU.COM – Sebuah inisiatif diluncurkan untuk mencegah mahasiswa asal Canberra mencari kerja  di tempat lain, dimana mahasiswa diberi waktu enam menit untuk menjelaskan ide nya kepada perusahaan baru.

Sebanyak 40 orang pencari kerja akan dipertemukan dengan para majikan yang akan menawarkan kerja paruh waktu dalam ‘kencan cepat’ ini. Selain kerja paruh waktu, ada juga pekerjaan lepasan ataupun magang sesuai dengan latar belakang pendidikan mahasiswa tersebut.

Even ini akan diorganisir oleh sebuah situs yang berusaha mempertemukan mahasiswa dengan lapangan kerha Ribit dengan Jaringan Inovasi Canberra (Canberra Innovation Network).

"Kencan cepat' ini adalah dimana pencari kerja akan duduk selama enam menit di satu meja dan menjelaskan apa yang akan mereka tawarkan, sebelum pindah ke meja berikutnya.”

Direktur Ribit Liz Jakubowski mengatakan mahasiswa dari Australian National University, University of Canberra dan Canberra Institute of Technology akan diundang untuk andil dalam even ini.

"Idenya adalah membuat suasana yang menyenangkan, kreatif dan penuh dukungan." katanya.

"Biasanya adalah majikan atau pemilk perusahaan yang dominan, dan para mahasiswa yang mencari kerja yang dalam posisi lebih rendah, sekarang kami mengubah posisi tersebut." kata Jakubowski.

"Ini akan membuat mahasiswa jadi lebih santai, karena mereka akan mendapatkan kesempatan untuk 'menjual diri mereka sendiri."

Sekitar 30 perusahaan start up akan bergabung dalam even ini, dan kebanyakan adaah bisnis online, perusahaan pemasaran dan perusahaan piranti lunak.

"Statistik menunjukkan 30 persen mahasiswa Canberra akan meninggalkan wilayah ini untuk membuat perusahaan di tempat lain." kata Jakubowski.

"Yang kami lakukan adalah mencari cara agar talenta ini tetap berada di Canberra, dan menciptakan lapangan kerja di sini." tambahnya.

Matt Bullock, seorang warga Canberra yang juga menjadi direktur eksekutif perusahaan teknologi miliknya sendiri sedang mencari pekerja baru.

"Tidak banyak kesempatan dimana sekitar 40 mahasiswa akan hadir sehingga kita bisa mencari yang baik dari yang terbaik." kata Bullock.

"Saya mencari seseorang yang bisa bekerja cepat, dan berinisiatif dengan pindah ke satu hal lain dengan segera."

Waktu enam menit dalam ‘kencan cepat’ dirasa cukup baginya.

"Saya bisa melakukannya dalam waktu 30 detik." katanya.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment