Nama PM Australia Malcolm Turnbull dan Mantan Menteri Neville Wran Terdaftar dalam Panama Papers

Nama Perdana Menteri Malcolm Turnbull tercatat dalam data Panama Papers. (Credit: ABC)

INDOAU.COM – Nama Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull masuk dalam daftar Panama Papers sebagai direktur utama sebuah perusahaan bernama Star Technology Systems Limited pada tahun 1990-an. Ia membantah telah melakukan pelanggaran hukum terkait hal tersebut.

Dalam nama direksi perusahaan tersebut, selain nama Turnbull juga terdapat bekas menteri utama (premier) negara bagian NSW, Australia, Neville Wran.

Perusahaan tersebut merupakan salah satu klien perusahaan frima hukum Mossack Fonseca.

PM Malcolm Turnbull, Kamis (12/5/2016).

PM Turnbull memberikan keterangan terkait namanya yang terdaftar pada Panama papers tersebut kepada wartawan, Kamis (12/5/2016).

"tidak ada kaitannya dengan tindakan tidak pantas", ungkapnya.

"Tidak ada yang baru di situ. Perusahaan dimaksud merupakan perusahaan yang sahamnya sepenuhnya dimiliki perusahaan publik yang terdaftar di Australia," 

"Keterlibatan (saya di perusahaan itu) sudah diketahui secara luas," tambah PM Turnbull.

"Perusahaan dimana Neville Wran dan saya menjadi direkturnya merupakan perusahaan Australia yang terdaftar, dan sekiranya menghasilkan keuntungan - sayangnya tidak demikian - tentu saja akan membayar pajak di Australia. Namun jelas anda belum mempelajaripembukuan perusahaan dimaksud," jelasnya.

Ribuan nama klien pengguna jasa Mossack Fonseca bisa diakses publik sejak hari Senin (9/5/2016). Namun data terkait Star Technology Services hanya dapat diakses oleh jurnalis yang bekerja sama dengan ICIJ.

Pengungkapan nama PM Turnbull dan juga Nevile Wran tersebut tidak dimaksudkan bahwa mereka melakukan pelanggaran huku.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment