Populasi Koala Hampir Punah di Wilayah Tenggara Queensland


INDOAU.COM – Sebuah laporan terbaru mengatakan penurunan populasi koala lebih cepat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di Tenggara Queensland dan daerah Pine Rivers.

Kajian pemodelan populasi koala di Tenggara Queensland yang meliputi hampir 10.000 kilometer persegi, diserahkan kepada Pemerintah Negara Bagian Queensland Agustus lalu.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa 80 persen populasi kala hilang sejak tahun 1966.

Begitu pula sekitar 50 persen populasi koala menghilang  dari Pine Rivers, sebuah kawasan di Utara Brisbane pada periode yang sama.

"Sudah ada sejumlah daerah dimana koala [di Pantai Koala] ... dengan tingkat kepadatan yang rendah sehingga mereka secara efektif dinyatakan punah," kata laporan itu.

"Tampaknya hilangnya koala dari banyak situs yang ada ini sudah dekat."

Associate Professor dari Universitas Queensland, Jonathan Rhodes sebagai penulis utama laporan tersebut mengatakan bajwa hilangnya habitat koala, penyakit dan juga serangan anjing menjadi ancaman koala di kawasan tersebut.

"Mungkin perlu dilakukan beberapa keputusan sulit tentang di mana kita perlu memprioritaskan perlindungan koala," katanya.

Ia juga mengatakan pemerintah perlu berkonsentrasi menyelamatkan populasi koala di kawasan yang memiliki peluang dalam mempertahankan koala.

"Jika ada populasi yang kita benar-benar tidak dapat berbuat apa-apa, kita harus mengakui hal itu dan memfokuskan upaya  pada populasi di mana kita bisa sukses," katanya.

Sembilan bulan setelah mendapatkan laporan, Steven Miles sebagai Menteri Negara Lingkungan Hidup Queensland menandatangani rencana untuk menyusun panel ahli dalam perancangan kebijakan ke arah yang benar.

"Saya pikir sudah waktunya untuk melakukan percakapan yang jujur dengan para pembuat kebijakan, tetapi juga masyarakat tentang apa yang kita pikir akan dapat melindungi koala di wilayah Kita," katanya.

"Alternatifnya adalah melakukan apa yang pemerintah lain telah dilakukan, kemudian memberitakan solusi ini lalu menyadari kalau kebijakan itu tidak bekerja.

"Kita perlu menentukan beberapa tindakan baru dan kami bertekad untuk memulainya dalam beberapa bulan bahkan bertahun-tahun."

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment