RAPBN Australia 2016 Anggarkan Dana Untuk Duta Khusus Hadapi Ancaman Dunia Maya

malcolm turnbull cyber security
Pemerintahan PM Malcolm Turnbull akan membentuk Cyber Ambassador guna mengantisipasi meningkatnya ancaman dunia maya. (Credit: AAP)

INDOAU.COM – Pemerintah berencana untuk menunjuk duta khusus dalam menghadapi peningkatan ancaman di dunia maya. Hal tersebut diungkapkan pada RAPBN Australia 2016 yang diumumkan Selasa (3/5/2016). Dibentuknya Cyber Ambassador pertama tersebut akan membutuhkan anggaran sekitar 2,7 juta dollar atau sekitar Rp 270 miliar.

Duta dunia maya akan bertugas sebagai pihak yang mempromosikan posisi Pemerintah Australia dalam pengaturan internet dan keamanan cyber.

"Pemerintahan PM Turnbull juga akan menyiapkan anggaran sebesar 4 juta dollar bagi program kerjasama untuk meningkatkan keamanan dunia maya di kawasan Indo Pasifik," demikian disebutkan dalam rilis Departemen Luar Negeri (DFAT) yang diterima wartawan ABC Farid M. Ibrahim.

RAPBN tahun ini juga menyisihkan anggaran sebesar 9,2 juta dollar (sekitar Rp 920 miliar) untuk Satgas Anti Penyelundupan dan Perdagangan Manusia yang dikelola DFAT.

Selain itu, RAPBN juga menyiapkan anggaran $3,8 miliar (sekitar  Rp 40 triliun)  untuk bantuan luar negeri Australia tahun 2016-2017, dana emergency sebesar 130 juta dollar (sekitar Rp 1,3 triliun) untuk mengantisipasi krisis bencana alam dan kemanusiaan di berbagai negara.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment