Ribuan Warga di Perth Saksikan Pendaratan Pesawat Terbesar di Dunia

Pesawat terbesar di dunia milik maskapai Antonov - UR-82060 Antonov An-225 Mriya mendarat di Bandara Gostomel, Ukraine pada 2014. (Credit: ABC)

INDOAU.COM -- Pesawat terbesar di dunia, Antonov An-255 Mriya, mendarat di Perth dengan disaksikan oeh ribuan warga yang sengaja datang untuk menyaksikan pendaratan pesawat tersebut.

Pesawat berbobot lebih dari 600 ton itu mendarat di Perth sekitar pukul 12:00 waktu setempat, dan tertunda 2 jam dari jadwal sebenarnya.

Pesawat tersebut digunakan untuk mengangkut kargo yang berukuran besar, seperti generator seberat 117 ton yang diangkutnya dari praha.

David Eyre, Presiden Aviasi Australia Barat, mengatakan bahwa pesawat tersebut merupakan yang terbesar dan terberat yang pernah dibuat, dengan rentang sayap terpanjang dari semua pesawat yang ada.

"Ini adalah pertama kalinya pesawat ini datang ke Australia, sehingga ini merupakan acara besar untuk semua penggemar penerbangan di seluruh Australia," kata Eyre.

"Hal ini menarik untuk dilihat, karena Anda tidak bisa melihat pesawat bermesin enam ini sama sekali dalam kondisi normal,”

"Berbeda dengan pesawat pada umumnya, pesawat ini punya dua ekor, Anda lihat pada pesawat yang paling besar, sehingga membuatnya sedikit tampak berbeda.

"Saya kira pesawat ini suaranya lebih keras dari kebanyakan pesawat, meski bukan sangat keras, tapi masih menjadi pemandangan yang mengesankan untuk melihat dari udara karena begitu besar."

"Pesawat ini bisa melakukan segala macam hal, sama seperti lokomotif. Pesawat ini juga memegang rekor membawa kargo terberat yang pernah diangkut melalui udara," katanya.

"Beban muatan terbesarnya adalah 253 ton, yang saya pikir adalah empat tank militer Rusia. Pesawat ini juga pernah mengangkut muatan terpanjang berupa turbin anging sepanjang 42 meter. Jadi pesawat ini telah melakukan beberapa hal yang cukup mengesankan,”

"Pesawat ini juga telah digunakan untuk misi kemanusiaan, karena dapat membawa begitu banyak dalam satu kali keberangakatan, karenanya pesawat ini telah digunakan dalam situasi bantuan bencana juga."

Pesawat tersebut sudah beberapa kali melakukan pendaratan di seluruh kawasan Timur Tengah dan Asia untuk pengisian bahan bakar, dan perjalanan dari Kuala Lumpur ke Perth menjadi pendaratan terakhir dengan total 4.067 kilometer.

Pesawat ini dibuat pada 1980-an untuk membawa pesawat ruang angkasa Rusia Buran yang diletakan diatas pesawat tersebut.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment