Seorang Pria di Melbourne Bebas Atas Tuduhan Merencanakan Serangan Terorisme

Adnan Karabegovic (Credit: AAP)

INDOAU.COM – Seorang pria di Melbourne dibebaskan dari dakwaan atas merencanakan pembuaatan bom untuk menyulut kebakaran lahan. Tuduhan tersebut dijatuhkan setelah ia diketahui memiliki majalah organisasi Teroris AlQaeda.

Pria bernama Adnan Karabegovic itu dituduh jaksa penyidik tengah merencanakan serangan terorisme dengan membuat bom dan membakar lahan, seperti yang dijelaskan secara rinci oleh majalah teroris AlQaeda (inspire) edisi Musim Dingin 2012.

Ia dinyatakan tidak bersalah karena kuasa hukumnya mengatakan kepada juri tidak ada bukti kuat terkait tuduhan tersebut.

"Bukanlah suatu kejahatan jika seseorang memiliki majalan Al Qaeda (Inspire), bukan juga kejahatan jika seseorang hanya membaca dan membahasnya, dan bukan juga kejahatan jika seseorang tertarik dengan majalah tersebut," kata Julian McMahon.

"Namun baru dikatakan kejahatan jija memang majalah itu digunakan berkaitan denga persiapan serangan teror," tegasnya.

Karabegovic masuk dalam pengawasan Tim Gabungan Anti-teror Kepolisian Federal dan Victoria pada tahun 2012 karena ia pernah menghadiri forum di Islamic Centre Al Furqon di Springvale. Forum tersebut kini sudah ditutup.

Masih di tahun 2012, ia ditangkap dalam sebuah penggerebekan anti terorisme di beberapa kawasan di Melbourne Tenggara.

Sebuah rekaman percakapan rahasia digunakan Jaksa untuk membuktikan tuduhan terhadap Karabegovic. Aparat secara diam-diam merekam percakapan dengan Karabegovic informasi apa saja yang ada di dalam majalah tersebut dan bagaimana ia membuat bom bensin untuk menyulut kebakaran.

Juri membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk memutuskan Karabegovic tidak bersalah dan bebas dari tuduhan tersebut.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment