Seorang Pria Tak Sengaja Telan Ponsel, Dokter Lakukan Berbagai cara Untuk Mengeluarkannya

iustrasi

INDAU.COM – Seorang pria (29) di Irlandia tak sengaja menelan ponsel dan ia harus menjalani operasi untuk mengeluarkannya.

Pemindaian sinar X setelah pria tersebut mengaku menelan ponsel menunjukkan bahwa ponsel tersebut sudah sampai di lambung.

Awalnya para dokter menunggu sekitar 18 jam hingga ponsel tersebuut keluar dari sistem pencernaan bersamaan dengan kotoran, namun penantian tersebt nihil dan ponsel tersebut masih tetap berada di lambung.

Kemudian dilakukan percobaan lain dengan gastrointestinal endoscopy, yakni teknik mengeluarkan benda asing dari sistem pencernaan dengan menggunakan pipa fleksibel dilengkapi kamera kecil di ujungnya. Meski sudah melengkapinya dengan berbagai alat bantu seperti forceps, para dokter gagal untuk mengeluarkan ponsel tersebut dari perut pasien.

Karena tetap gagal, akhirnya dilakukan bedah laparotomy.

"Ponsel yang tertelan sampai lambung mungkin tidak bisa dikeluarkan dengan aman menggunakan alat edoscopy yang ada saat ini," tulis para dokter dalam laporannya, seperti dikutip dari Livescience, Rabu (11/5/2016).

Kasus tersebut dilaporkan dalam International Journal of Surgery Case Reports edisi April 2016.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment