Serang Rumah Sakit Suriah, ISIS Sandera Karyawan dan Puluhan Orang Tewas


militan ISIS ikut serta parade militer di provinsi Raqqa, 30 Juni 2014. (Reuters)
INDOAU.COM – Selang beberapa waktu setelah deklarasi situasi ‘gawat darurat’ di Raqqa, militan ISIS dilaporkan menyerang kompleks rumah sakit di timur Suriah, Kota Deir al-Zour.

Seorang aktivis yang berada di lokasi kejadian mengatakan bahwa setidaknya 35 orang pejuang Suriah gugur. Beberapa orang karyawan rumah sakit dijadikan tawanan, dan lebih dari 20 militan ISIS dilaporkan tewas saat bertempur.

"Serangan besar telah dilakukan pada Sabtu 14 Mei dini hari. Menyerang rumah sakit, mematahkan rute antara markas tentara Suriah dan bandara," demikian lansiran kantor berita yang dimiliki ISIS, Aamaaq News Agency.

Kelompok ISIS hampir menduduki seluruh wilayah Kota Deir al-Zour, mereka juga mengambil alih stasiun kebakaran, kampus, tempat penyimpanan pakan ternak, dan wilayah dekat ladang minyak, al-Tayyam.

Dilansir dari BBC, Minggu (15/5/2016), penyerangan tersebut dipusatkan pada rumah sakit al-Assad, sebelah barat Kota Deir al-Zour.

Setelah bertempur selama beberapa jam, akhirnya pasukan pemerintah berhasil merebut kembali rumah sakit tersebut. Namun, bagaimana nasib para sandera masih belum jelas.

Kota Deir al-Zour merupakan kota yang  kaya akan minyak dan berada di rute penting menuju Raqqa yang menjadi markas utama ISIS.

[MZ]

Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment