38 Ribu Lowongan Kerja di Australia Terbuka Untuk Warga RI



INDOAU.COM – Thomas Lembong, Menteri Perdagangan (Mendag) mengatakan Australia membutuhkan 38 ribu tenaga kerja yang bisa diisi oleh orang Indonesia.

Thomas menjelaskan, mantan menteri perdagangan Australia pernah menyampaikan saat ini terdapat sekitar 38 ribu lowongan kerja, dan kesempatan tersebut terbuka untuk tenaga kerja Indonesia.

"Mantan Mendag Australia menyampaikan saat ini ada 36 ribu lowongan di sektor swasta. Dan terus terang, semua sepakat lowongan kerja ini sangat sempurna untuk diisi oleh tenaga kerja Indonesia," ujar dia di Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Namun, untuk mengambil kesempatan tersebut tentu bukanlah hal mudah. Australia menetapkan standar tinggi untuk dalam tenaga kerja asing.

"Tapi Australia juga harus memastikan punya minimum standar bahasa Inggris dan terlatih. Ini contoh kita harus benahi diri," kata dia.

Selain itu, Thimas juga menambahkan kesempatan kerja ini bukan hanya di Australia, melainkan di negara lain juga. Oleh karena itu, tenaga kerja Indonesia perlu meningkatkan kualitasnya agar bisa bekerja di luar negeri.

"Mungkin kita harus melebarkan definisi ekspor untuk juga ekspor orang. Remitansi TKI kita itu mencapai US$ 10 miliar per tahun. Jadi kalau digolongkan ke ekspor jasa, maka sudah jadi ekspor terbesar ketiga di sektor non-migas,” pungkasnya.

[MZ]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment