Cuaca Buruk di Tasmania Sebabkan Ribuan Rumah dan Kantor Mati Listrik

sebuah perahu tersapu ombak di Pantai Lauderdale, Hobart Timur / image : australiaplus.com


INDOAU.COM – Cuaca buruk terjadi di Queensland, dan warga di dataran rendah New South Wales (NSW) dievakuasi karena banjir semakin memburuk.

Hujan deras terus menggguyur Victoria dan Tasmania, warga pun sudah diperingatkan agar bersiap untuk menghadapi banjir bandang, angin kencang dan kondisi ombak yang mengerikan.

TasNetworks mengatakan mengatakan sekitar 3.000 rumah dan kantor di Tasmania Utara dan Barat Laut tak ada arus listrik, dan penyambungan arus listrik masih belum dikonfirmasi.

Sejauh ini, polisi Tasmania melaporkan tak ada kerusakan properti akibat cuaca buruk, namun sejumlah pohon dilaporkan tumbang dan menghalangi jalan.

Matthew Thomas, Biro Prakiraan Cuaca, mengatakan tumbangnya pohon-pohon tersebut disebabkan oleh tak tertahannya terjangan angin itu.

"Sebagian besar pohon kuat dan siap melawan angin barat di Tasmania, jadi ketika Anda mendapatkan komponen angin yang berhembus kuat dari bagian timur pohon-pohon itu tidak begitu siap menghadapinya,” katanya.

"Dan tanah juga cukup basah sehingga kita bisa melihat beberapa pohon mungkin akan tumbang hari ini."

Di Mount Read, Pantai Barat Tasmania, sepanjang malam ini angin mencapai kekuatan 107 kilometer per jam, dan curah hujan tertinggi sepanjang malam terjadi di Gunung Victoria di Timur Tasmania yang mencapai 76 milimiter.

Senin besok, angin dengan kecepatan hingga 90 kilometer per jam disertai gelombang setinggi tujuh meter diperkirakan akan menerjang pantai di Timur Laut Tasmania.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment