Diskusi Lintas Agama di Australia Untuk Meluruskan Citra Islam

image : detik.com


INDOAU.COM – Islamophobia yang ada di Australia mendorong Deakin University, Victori, untuk mengadakan dialog lintas agama. Dan enam tahun yang lalu lahirlah ide untuk mengadakan acara buka puasa bersama dengan peserta lintas agama agar terjadi dialog antar tokoh agama yang bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang Islam sesungguhnya.

Menurut Vice Chancellor (Wakil Rektor) Deakin University, Professor Jane Den Hollander, sebenarnya banyak orang yang ingin mengenal Islam namun tak berkesempatan untuk berdialog dan bertukar informasi. Informasi miring seputar Islam yang diterima malah semakin menjauhkan masyarakat Australia untuk mengenal citra Islam sesunguhnya.

"Sebenarnya banyak orang yang ingin tahu Islam dan bagaimana Islam sebenarnya, tapi mereka tidak memiliki kesempatan yang cukup, untuk itu kita memberikan tempat agar mereka bisa berdialog. Anda tahu, bila kita bisa makan bersama dan berbagi bersama, maka kita akan menjadi teman dekat," jelas Profesor Jane.

"Kita bertanggung jawab untuk bagaimana menciptakan kedamaian bagi anak-anak kita kelak," tegasnya.

Director Alfred Deakin Institute for Citizenship and Globalisation, Profesor Fethi Mansouri juga mengungkapkan bahwa banyak sekali pemahaman yang salah tentang Islam. Oleh karena itu, dialog lintas agama sangat penting untuk meluruskan citra Islam sebagai agama pembawa kedamaian.

"Selalu ada perspektif berbeda soal Islam. Untuk itu kita di sini dan berdialog untuk meluruskan," tutur Mansouri.

Peggy Page, salah satu tokoh dari Buddhist Council of Victoria yang hadir berbuka bersama di Deakin University mengungkapkan bahwa wawasannya tentang Islam bertambah setelah berdialog dengan para tokoh muslim di Australia.

"Saya menjadi lebih mengetahui Islam lebih dalam. Bagaimana mereka berpuasa dan mereka berbuka. Saya juga sangat menikmati saat ada yang membacakan Quran dan kami semua menjadi tahu maksud dari yang dibacakan," jelas Peggy.

Islampohobia di Australia disebabkan oleh kurangnya informasi yang didapat masyarakat tentang Islam.

Di Melbourne, beberapa komunitas bahkan rutin melakukan kampanye untuk menghilangkan Islamophobia.

Islam sama sekali tak ada hubungannya dengan tindakan terorisme. Islam justru merupakan agama pembawa kedamaian.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment