Hindari Makanan dan Minuman ini Saat Sahur dan Buka Puasa!

image : dpbbmlucu.info

INDOAU.COM – Menjaga pola makan adalah hal penting saat berbuka puasa dan sahur selama bulan ramadhan agar puasa tidak terganggu.

"Apa yang dimakan saat berpuasa itu sangat penting, terutama bagi mengalami mag. Makanan pertama yang harus dihindari makanan dan minuman yang bergas seperti kol, sawi, durian, makanan kering, atau minuman bersoda," tutur dr Maulana Suryamin, SpPD-KGH dari RS Persahabatan, Rawamangun.

Ia juga menambahkan, hindari makanan atau minuman yang merangsang asam lambung seperti kopi.

"Kopi sebaiknya jangan dahulu selama puasa. Lalu minuman beralkohol, anggur putih, dan susu full cream juga tidak dianjurkan," lanjut dr Maulana saat ditemui dalam acara seminar awam Ramadan, di Aula Griya Pupsa RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur.

Untuk susu full cream, dr Maulana mengatakan minuman tersebut sulit dicerna oleh lambung. Apabila dibiarkan, maka akan menimbulkan kembung dan maag juga bisa kambuh.

"Makanan yang berlemak juga harus dihindari karena sangat sulit dicerna sehingga membuat lambung bekerja keras. Selain itu juga, cokelat dan kue tar juga harus dihindari," tutur dr Maulana.

Ia menganjurkan untuk tidak langsung mengonsumsi makanan berat saat berbuka puasa, karena lambung akan bekerja keras untuk mencerna dan menimbulkan peningkatan asam lambung. Apabila dibiarkan akan menyebabkan luka pada dinding lambung dan menjadi masalah.

"Kalau saat Ramadan kenapa bisa bertambah orang sakit perutnya bukan karena puasanya yang salah tapi karena saat sahur dan buka puasa mereka 'ngamuk'. Ini lambung yang tadinya cuma diisi cuma seberapa tiba-tiba saat buka piringnya nambah dua kali tiga kali jadinya kan kaget," ujar dr Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Dokter yang biasa disapa dr Koko itu menyarankan untuk mengonsumsi makanan berat setelah ibadah shalat tarawih.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment