Kanada Ikuti Australia dan Inggris Untuk Terapkan Bungkus Rokok Polos

ilustrasi (image : health.detik.com)


INDOAU.COM – Kanada berencana mengikuti jejak Australia dan Inggris yang menggunakan bungkus rokok polos atau ‘plain packaging’ untuk mencegah penggunaan rokok pada anak-anak dan remaja.

Jane Philpott, Menteri Kesehatan Kanada, mengatakan bahwa penerapan bungkus rokok polos ini diharapkan dapat menekan jumlah perokok di Kanada. Ia menyebutkan, saat ini kuran lebih 5 juta dari 36 juta penduduk Kanada merupakan perokok aktif.

Ia menambahkan, saat ini proses konsultasi dan pembahasan aturannya memang masih berjalan. Ia optimis dalam tiga bulan ke depan aturan ini sudah dapat diterapkan.

Bungkus rokok hanya akan menggunakan satu warna standar untuk seluruh merek, dan nama merek ditulis dalam ukuran kecil. Gambar seram dari dampak rokok akan menutupi hampir setengah atau lebih dari bungkusnya.

Data dari Australia menyebutkan setelah penerapan bungkus rokok polos pada tahun 2012, ada penurunan sekitar 0,55 persen atau setara dengan 108 ribu orang.

"Kami pikir bukti yang ada begitu kuat sehingga kemungkinan kita akan menyaksikan globalisasi dari kemasan polos ini, terutama setelah negara-negara yang berpengaruh seperti Inggris, Perancis, dan Australia telah menerapkannya," kata McGrady seperti dikutip dari BBC.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment