Larva Keluar Dari Saluran Kencing, Perempuan ini Kesakitan

image : liputan6.com


INDOAU.COM – Seorang wanita berusia 50 tahun asal South Carolina mengalami kasus aneh. Saat buang air kecil, ada makhluk mirip cacing yang menggeliat dalam urine.

Wanita tersebut datang ke rumah sakit dan mengeluhkan dirinya sudah mengalami hal tersebut selama tiga bulan terakhir. Ia juga mengaku sangat kesakitan saat buang air kecil.

Dalam cairan urine yang dimminta oleh para dokter, terdapat larva berwarna kegelapan dengan panjang sekitar 0,5 cm.

Penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa larva tersebut bukanlah cacing, melainkan spesies lalat Dipteria – yang menyebabkan kondisi yang disebut myasis atau infestasi parasit pada jaringan hidup disebut juga kavitas manusia atau hewan bertulang belakang yang disebabkan oleh larva lalat ordo Diptera (belatung).

Wanita tersebut kemudian didiagnosis menderita urinary myasis,dimana lalat bertelur dalam tubuh dan larvanya menempati saluran kencing.

Orang yang mengalami kasus ini biasanya orang-orang yang terkontaminasi telur lalat dan berkembang pada tubuh dengan sistem kekebalan yang lemah.

Myasis juga bisa terjadi pada bagian kulit, mata, hidung dan bagian pencernaan. Namun menurut para dokter, myasis pada saluran kencing merupakan kasus yang jarang ditemukan.

Wanita tersebut tak mengetahui bagaimana dirinya bisa terinfeksi. Ia baru saja pindah ke ke Charleston, Carolina Selatan, dari Meksiko.

Ia juga tak pernah menjalani prosedur yang melibatkan saluran urogenital nya atau panggul.

Setela dilakukan pengujian lebih lanjut,  para dokter memberikan resep ivermectin keadanya untuk melawan parasit.

Seminggu kemudian, ia malporkan sudah tak ada larva dalam urinenya. Hal tersebut dikonfirmasi dengan cara memasukkan ke dalam saluran kemih.

"Review literatur secara menyeluruh sebelum memutuskan perawatan diyakini berkontribusi dalam keberhasilan menangani kasus  yang jarang terjadi seperti myiasis pada saluran kemih," kata dokter dalam BMJ Case Reports, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (27/6/2016).

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment