Menkes Indonesia Tanggapi Travel Advisory Pemerintah Australia Terkait Virus Zika di Indonesia

image : m.infospesial.net


INDOAU.COM – Virus Zika merupakan virus yang diangggap WHO sebagai keadaan darurat secara global yang perlu ditangani secara serius.

Baru-baru ini, Pemerintah Australia mengeluarkan peringatan kepada warganya untuk mempertimbangkan kembali jika ingin bepergian ke Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) mengatakan Indonesia bukan tempat endemis virus Zika.

"Sekarang ada yang dikatakan positif virus Zika setelah pulang dari Indonesia, tapi sekali lagi Indonesia bukan merupakan tempat endemis untuk virus Zika," kata Nila dalam pembukaan bazar Ramadan Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan di Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (21/6/2016).

"Namun virus Zika menyerang ibu hamil dan menyebabkan bayi yang lahir mengalami kepala kecil atau microcephaly dan penyakit saraf guillain barre," ungkapnya.

Nila mengatakan, untuk menanggapi travel advisory pemerintah Australia, Kementerian akan menulis surat yang bertujuan untuk saling mengingatkan dan akan dilakukan secara diplomatis oleh Kementerian Luar Negeri.

"Saya berpesan bahwa kita harus waspada terhadap nyamuk dan perubahan iklim yang tidak jelas, karena demam berdarah dapat meningkat lagi setelah datangnya hujan seperti di bulan-bulan ini. Karena itu kami akan memberikan kewaspadaan kepada masyarakat," tutupnya.

[MZ]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment