Peneliti Australia Buktikan Pulau Hantu dalam Peta Tak Pernah Ada

image : m.tempo.co

INDOAU.COM – Dalam satu dasawarsa terakhir ini berbagai publikasi ilmiah kerap menyebutkan nama Pulau Sandy, yaitu sebuah pulau di perairan Pasifik selatan. Namun, grup peneliti dari Australia membuktikan bahwa pulau yang terdapat pada peta itu sebenarnya tak pernah ada.

Dalam Google Earth, pulau ini berada di antara Australia dan Kaledonia Baru. Berbagai peta laut dan peta dunia pun mencatat Pulau Sandy ini berada di Laut Coral di Pasifik selatan.

Ekspedisi ilmiah yang dipimpin oleh ahli geologi University of Sydney, Maria Seton, melakukan pelayaran selama 25 hari di tempat dimana Pulau Sandy berada, namun mereka tak menemukan daratan di lokasi tersebut.

"Kecurigaan muncul ketika kapal mendeteksi kedalaman 1.400 meter di posisi pula. Padahal Google Earth mengindikasikan ada pulau besar di situ," kata Maria.

Ia menambahkan, Pulau Sandy bisa saja muncul dalam peta karena salah catat, dan kesalahan tersebut dipertahankan karena ahli kelautan menjadikan catatan awal sebagai acuan dalam pembuatan peta berikutnya.

Pulau ini seolah menjadi pulau hantu, tercatat dalam peta namun tak pernah ditemukan.

Steven Micklethwaite, ahli geologi dari University of Western Australia, punya cerita lain dimana kapal Southern Surveyor yang mereka tumpangi ternyata berlayar mulus membelah lautan di titik keberadaan Pulau Sandy. "Ketika itu kami tertawa geli," ujarnya.

Namun peneliti tetap mengumpulkan data dari dasar laut dan datanya akan diserahkan kepada otoritas kelautan untuk digunakan dalam mengubah peta dunia. Dan Pulau Sandy pun akan dihilangkan dari peta.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment