Presiden Filipina Akan Beri Imbalan Uang Bagi Warga yang Bunuh Pengedar Narkoba

image : philstar.com

INDOAU.COM – Rodrigo Duterte, presiden terpilih Filipina, mengajak publik untuk bergabung dalam operasi antikriminal. Ia bahkan menawarkan hadiah besar untuk warga yang membunuh pengedar narkoba.

Setelah menyatakan akan mengerahkan militer dan polisi untuk mengatasi masalah kriminal, Duterte menyerukan kepada publik bahwa mereka bisa menangkap para pelaku kriminal.

"Jika mereka (pelaku kriminal) ada di lingkungan Anda, silakan menghubungi kami, polisi, atau lakukan sendiri jika Anda memiliki senjata. Anda mendapat dukungan saya," kata Duterte kepada pendukungnya pada Minggu (5/6) malam, seperti dilansir AFP, Senin (6/6/2016).

"Jika dia (pelaku kriminal) melawan dan melawan sekuat tenaga, Anda bisa membunuhnya. Saya akan memberikan medali kepada Anda," tegasnya.

Ia juga menegaskan, pecandu narkoba tidak akan bisa direhabilitasi, dan mengatakan kepada pendukungnya untuk tidak menggunakan narkoba.

"Jika kalian terlibat narkoba, saya akan membunuh kalian. Kalian, anak pelacur, saya akan benar-benar membunuh kalian," ujar Duterte.

"Saya akan membayar, untuk setiap gembong narkoba: 5 juta peso (Rp 1,4 miliar) jika dia tewas. Jika dia (ditangkap) hidup, hanya 4,999 juta peso," cetusnya sambil tertawa.

Ia juga akan memberikan imbalan uang untuk mereka yang membunuh pengedar narkoba biasa. Namun, ia tak menjelaskan bagaimana cara warga bisa mengidentifikasi pelaku kriminal yang ada di lingkungannya.

Duterte akan dilantik menjadi Presiden Filipina 30 Juni mendatang.

[MZ]




Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment