Seekor Kodok Diterbangkan ke Rumah Sakit Cairns Karena Terluka

image : liputan6.com


INDOAU.COM – Seorang warga  Mount Isa bernama Min Tims tak sengaja melukai seekor kodok hijau Australia saat ia memotong rumput di rumahnya, awal April lalu.

Dilansir dari Brisbane Times, Rabu (8/6/2016), wanita yang cemas itu menghubungi keponakannya, Felicia Morgan, di kota Townsville.

“Ia menelepon saya karena cemas. Sewaktu memangkas rumput ia tidak melihat sang kodok di bawah mesin dan terbabat di bagian belakang kepalanya,” kata Morgan.

"Ia cemas dan mengirim foto sang kodok dan saya ikut cemas karena sadar hewan itu harus ditolong".

"Saya memintanya mengambil peralatan P3K dan menempelkan pembalut luka. Kami mencoba sebisanya karena kami belum pernah merawat kodok sebelumnya".

Morgan akhirnya menemukan Frog Safe, rumah sakit kodok di Cairns. "Saya bertekad menolongnya karena ia adalah seekor hewan yang tangguh," tambah Morgan.

image : liptan6.com

Ia menghubungi rumah sakit tersebut dan berunding dengan presiden Frog Safe, Deborah Pergolotti, untuk  membawa kodok tersebut dari Mount Isa ke Cairns.

"Kodok itu harus dibungkus menurut cara tertentu, dibawa ke bandara, dan kami harus mencari bandara yang mau membawa kodok itu, padahal kami tidak punya uang untuk membayar ongkos angkutnya," kata Pergolotti.

"Kami perlu bantuan dari 3 pebisnis berbeda supaya kodoknya bisa sampai di sini. Luar biasa sekali kerja sama supaya bisa membawa kodok itu kepada kami tapi ia akhirnya sampai juga di Cairns dan kami menjemputnya di bandara".

"Selagi merawatnya dalam pemulihan kami menemukan bahwa ia memiliki parasit dalam tubuh sehingga itu mungkin menyebabkannya terlalu sakit untuk menyingkir dari halaman saat siang hari," kata wanita itu.

"Ia benar-benar hewan yang beruntung bisa selamat terbabat blender beroda dan kami sangat memperhatikannya. Ia pulih dengan baik".

"Satu matanya rusak dan kami tidak yakin apakah mata itu bisa pulih".

Morgan mengatakan bahwa dirinya mengubah akuarium alam dan mencari makanan untuk kodok sebelum pulih total dikembalikan ke alam liar.

"Bibi saya akan memantaunya hingga ia bisa kembali ke alam liar dan, karena ia buta sebelah, kami perlu memastikan agar ia mendapatkan makanannya dan tetap terlindung".

Pergolotti mengungkapkan bahwa dunia memerlukan orang yang peduli seperti Morgan dan bibinya untuk menyelamatkan kodok dari kepunahan.

"Banyak anggota masyarakat tidak menyadari bahwa kodok bisa ditolong tapi ada sejumlah kecil yang berpikiran, 'Wah, ini hewan asli di sini, ada yang harus mengurusinya'," imbuhnya.

"Kodok memberitahu kita tentang adanya sesuatu yang salah dengan lingkungan dan mereka menceritakan kepada kita apa yang sedang terjadi. Mereka keras-keras membunyikan tanda bahaya, jumlah mereka semakin sedikit dan kita belum peduli".

Jarak Mount Isa ke Cairns adalah sekitar 780 km.

[MZ]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment