Siapa Sangka, Makhluk Montok ini Ternyata Seekor Kanguru

image : liputan6.com


INDOAU.COM –Kebun Binatang Perth rayakan kelahiran kanguru pohon (Dendrolagus goodfellowi) pertama dalam 36 tahun terakhir. Kanguru tersebut dinamai Mian.

Kanguru pohon diklasifikasikan sebagai jenis yang terancam punah oleh Union for Conservation of Nature. Populasinya menurun drastis akibat perburuan dan kerusakan habitat.

Mian yang kini baru berusia 6 bulan itu merupakan salah satu dari 15 kanguru pohon jantan yang masuk dalam manajemen spesies global.

Penjaga satwa, Kerry Pickles mengatakan, pihak kebun binatang tengah menggunakan sejumlah perlatan canggih untuk memdapatkan sebanyak mungkin informasi, tanpa mengganggu pada sang induk, Kaluli.

"Mian kali pertama terkonfirmasi ada di kantung Kaluli saat berusia 4 hari. Kami menggunakan kamera kecil agar tak mengganggu induknya," katanya,  dikutip dari Daily Mail, Sabtu (25/6/2016).

Danielle Henry dari Kebun Binatang Perth mengatakan, meski kanguru pohon hampir serupa dengan kanguru merah, namun keduanya sangat berbeda.

image : liputan6.com

Jika kanguru merah melompat-lompat, maka kanguru pohon lebih mengandalkan tangan mereka dan memanjat pohon.

"Mereka berperilaku seperti monyet, di dalam kanopi pepohonan hutan atau area di mana pun yang tak bisa diakses kanguru tanah," tambah Henry.

Saat melihat Mian dan induknya, beberpa netizen tak percaya makhluk montok itu adalah kanguru.

"Kok bisa ada kanguru seperti itu," kata salah satu pembaca Daily Mail.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment