Tekanan Tinggi di Barat Daya Australia Picu Gelombang di Sejumlah Wilayah di Indonesia

ilustrasi (image : techno.id)


INDOAU.COM – Sejumlah wilayah di Indonesia dilanda gelombang tinggi, yang juga menyebabkan bajir rob.

"Diperkirakan gelombang tinggi dan banjir rob masih berpotensi hingga beberapa hari ke depan," kata Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengutip data BMKG lewat keterangan tertulis, Kamis (9/6/2016).

Di Laut Andaman, Perairan utara dan barat Aceh, Perairan barat Kepulauan Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu, Samudera Hindia barat Aceh hingga Bengkulu, Selat Bali bagian selatan, Perairan selatan Sumbawa hingga Pulau Sumba berpotensi gelombang setinggi 2,5 - 4,0 meter. Sedangkan di Perairan Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Lombok, Samudera Hindia selatan Bengkulu hingga NTT berpotensi gelombang setingggi 4-6 meter.

"Penyebab fenomena gelombang tinggi adalah penguruh astronomi terjadinya bumi, bulan dan matahari berada dalam satu garis lurus mengakibatkan naiknya tinggi muka laut, hal ini bersamaan dengan terjadinya anomali positif tinggi muka air laut sebesar 15-20 cm. Selain disebabkan dua hal tersebut juga diperkuat dengan adanya penjalaran alun yang dibangkitkan dari pusat tekanan tinggi subtropis di barat daya Australia," kata Sutopo.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada. Diimbau nelayan tidak melaut saat gelombang tinggi. Masyarakat yang melakukan aktivitas di pantai hendaknya selalu waspada dan hati-hati. Wisatawan di pantai juga harus hati-hati. Ikuti larangan dan semua aturan yang ada," papar Sutopo.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment