Terumbu Karang di Utara GBR Mulai Pulih Setelah Terjadi Pemutihan Global

image : aura-ilmu.com


INDOAU.COM – Terumbu karang di pesisir Utara Queensland dilaporkan ada peningkatan jumlah terumbu karang meski baru-baru ini terjadi pemutihan global di Great Barrier Reef (GBR).

Para ilmuwan dari Institut Ilmu Kelautan Australia (AIMS) mengevaluasi 12 terumbu karang di pesisir Towmsville, yang terletak antara Hinchinbrook Utara dan Cape Bowling Green. Dan 11 terumbu karang menunjukkan adanya pemulihan.

Universitas James Cook yang baru-baru ini melakukan survey juga menemukan 93 persen terumbu karang di Great Barrier Reef mengalami pemutihan parah dan 35% terumbu karang di bagian Utara dan tengah Great Barrier Reef mati.

"Kawasan yang paling parah mengalami pemutihan sebenarnya adalah di Port Douglas Utara dan terumbu karang disana diperkirakan akan mengalami tingkat kematian yang cukup tinggi,” katanya juru bicara AIMS, Dr Britta Schaffelke.

"Kembali ke kondisi terumbu karang di Townsville, semua bagian dari terumbu karang disana juga mengalami pemutihan dan sebagian telah mati tapi kadarnya sangat kecil,”

"Hal ini terjadi karena terumbu karang di kawasan ini tidak mengalami perairan yang sangat panas sehingga mereka bisa melanjutkan pemulihannya dan inilah yang membuat terumbu karang dikawasan ini terlihat sangat luar biasa,”

"Bintang laut di kawasan itu masih belum menjadi wabah, jadi hanya ada beberapa bintang laut saja dan bintang laut yang masih anak-anak dan sepertinya jumlah mereka akan semakin banyak di masa mendatang,”

Ia mengatakan, terumbu karang dapat memulihkan diri sendiri apabbila dibiarkan.

"Jika terumbu karang tidak diganggu oleh hal-hal lain, maka mereka akan mampu pulih dan kita telah melihat hal tersebut di kawasan Selatan Great Barrier Reef,” tegasnya.

[FY]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment