Ungkapan Duka Cita Obama Atas Meninggalnya Muhammad Ali

image : liputan6.com

INDOAU.COM – Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengungkapkan kesedihannya atas meninggal dunia petinju Muhammad Ali.

Ia mengatakan, perjuangan Ali terhadap keadilan rasial dan toleransi beragama telah menjadi inspirasi umat manusia di seluruh dunia.

"Muhammad Ali telah mengguncang dunia. Dan dunia telah menjadi lebih baik setelahnya. Kita sekarang jauh lebih baik, berkatnya," kata Obama dalam pidato belasungkawa, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu 4 Juni 2016.

Muhammad Ali, juara petinju kelas berat, meninggal dunia pada hari Jumat, 3 Juni 2016 di usia 74 tahun. Ia meninggal karena penyakit Parkinson yang diderita selama 3 dekade.

Obama masih menyimpan sarung tinju Ali di ruang pribadinya di Gedung Putih.

"Ali telah berjuang untuk kita semua. Ia pantas disandingkan dengan King (Martin Luther King) dan Mandela. Ali membela kita semua kala sulit dan berbicara lantang saat semua hanya bisa bungkam," lanjut pidato Obama.

Obama juga kerap kali mengambil pernyataan Ali yang selalu mengatakan "Aku orang Amerika”.

"Perjuangan Ali membuat musuh-musuh mengelilinginya, membuat dia dihujat dan nyaris dipenjara. Tapi Ali tetap berdiri tegak, dan kemenangannya telah membuat Amerika seperti yang kita kenal sekarang ini," kata Obama.

"Ali bisa saja seenaknya berbicara," ujar Obama, "Namun, kebaikannya menular. Bahkan keluguan jiwanya telah memenangkan hati lebih banyak penggemar daripada musuh-musuhnya."

"Kita telah menjadi saksi mata sang pahlawan menyalakan api dan berjuang bagi kita semua sekali lagi, yaitu saat berjuang dengan penyakit yang telah merenggut keperkasaan tubuhnya, namun, kilat semangat di matanya tak pernah padam," lanjut Obama.

"Muhammad Ali adalah yang Terhebat. Titik. Michelle dan saya mengucapkan duka cita terdalam bagi keluarganya, dan berdoa, pejuang hebat akhirnya beristirahat dengan tenang..." tutup Obama.

Muhammad Ali adalah petinju yang terlahir dengan nama Cassius Marcellus Clay Jr.Kemudian ia menjadi mualaf di usia 22 tahun dan mengubah namanya.

Berikut adalah sebuah kutipan terkenal dari Muhammad Ali tentang dirinya:

"Aku adalah bagian yang tak kau kenali. Tapi biasakanlah dirimu terhadapku yang hitam percaya diri, percaya diri, namaku bukan namamu, agamaku bukan agamamu; cita-citaku milikku sendiri. Biasakanlah dengan keberadaanku."

[FY]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment