Vaksin ATS dan Bisa Ular Palsu Beredar di Riau

ilustrasi (image : malaysiagazette.com)


INDOAU.COM – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru menemukan vaksin yang diduga palsu beredar di Provinsi Riau. Sejumlah sampel telah disita untuk dikoordinasikan dengan instansi untuk ditindak.

"Sudah ada beberapa item yang disita sebagai barang bukti. Di antaranya Anti Tetanus Serum (ATS) dan vaksin bisa ular," sebut Kepala BPOM Pekanbaru Indra Ginting, Senin (27/6/2016).

Namun,Indra masih beludm menjelaskan secara rinci dimana vaksin yang diduga palsu itu diedarkan. Ia mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau dan Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

"Secepatnya akan dikoordinasikan kepada pihak terkait," ucap Indra.

Secara terpisah, Kepala Dinas Provinsi Riau Andra Sjafril membenarkan adanya temuan vaksin diduga palsu itu dari BPOM Pekanbaru.

"Sudah dihimbau kepada dinas kesehatan di kabupaten dan kota untuk diwaspadai," kata Andra.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan BPOM untuk mengetahui vaksin apa saja yang palsu. Sidak juga akan dilakukan di sejumlah lokasi yang diduga sebagai tempat beredarnya vaksin palsu tersebut.

"Kami juga menghimbau kepada orang tua dan masyarakat yang baru saja mendapat vaksin untuk memantau kesehatan anak pasca mendapat vaksin" ungkap Andra.

[MZ]
Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment