Australia dan AS Sepakat Perluas Kerjasama Latih Polisi Irak

image : australiaplus.com


INDOAU.COM – Austalia dan Amerika Serikat (AS) telah sepakat untuk memperluas operasi di Irak dengan meningkatkannya dari pelatihan militer ke pelatihan pasukan kepolisian.

Beberapa jam setelah pemerintahannya disumpah, Perdana Menteri (PM) Malcolm Turnbull bertemu dengan Wakil Presiden, Joe Biden di Sydney untuk melakukan serangkaian pertemuan bilateral membahas ketegangan kawasan, terorisme, kerjasama militer di Irak dan hubungan dagang.

Turnbull mengatakan kepada wartawan, bahwa mandat yang di Irak selama ini hanya berlaku untuk pelatihan militer saja.

PM Turnbull mengatakan, salah satu tujuan paling penting di Irak saat ini yaitu memastikan polisi bisa menjaga perdamaian di daerah "yang sudah dibebaskan" dari kelompok teroris.

Jumpa pers yang digelar diwarnai oleh pernyataan saling memuji, dimana Wapres Biden mengakui pujian untuk hubungan antara kedua negara itu "hampir klise".

"Perdana Menteri dan saya menegaskan kembali komitmen kami untuk terus bekerja sama untuk menegakkan tatanan internasional liberal yang telah melayani dunia dengan baik selama 75 tahun terakhir," katanya

"Dan untuk mempertahankan perdagangan bebas baik di udara maupun di lautan, kita perlu memastikan jalur perdagangan laut terbuka dan udara juga bebas untuk bergerak.

[MZ]


Share on Google Plus
    Komentar Anda
    Komentar Menggunakan Facebook

0 comments :

Post a Comment